RADARDEPOK.COM – Timnas putri Indonesia akan memulai perjuangan di Piala Asia Wanita 2022 dengan melawan Australia. Timnas putri Indonesia tergabung dalam grup yang berat di Piala Asia Wanita 2022. Garuda pertiwi berada di Grup B bersama Filipina serta dua peserta Piala Dunia Wanita 2019, yakni Australia dan Thailand.  Pada matchday pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022. Timnas Indonesia akan bertanding dengan Australia, di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1) sore WIB.

Menariknya, Pani Tri Oktavianti bernomor punggung 6 asal Kota Depok dipanggil Timnas Putri Indonesia. Pani yang ikut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mewakili Provinsi Jawa Barat, masuk dalam 23 pemain yang dipanggil timnas.

Disisi lain. Timnas putri Australia merupakan lawan tangguh dan diisi oleh pemain-pemain kelas dunia, salah satunya adalah Sam Kerr, penyerang berpengalaman yang kini berkarier di Inggris bersama Chelsea.  Selain memiliki karier mentereng bersama The Blues, Sam Kerr juga masuk dalam tiga besar nominasi peraih gelar Pemain Terbaik FIFA 2021. Namun, dia kalah dari pemain asal Spanyol, Alexia Putellas, yang berhasil merengkuh gelar tersebut.

Keberadaan Sam Kerr dan beberapa pemain berpengalaman lainnya membuat laga melawan Australia menjadi tantangan besar bagi timnas Indonesia. Meski begitu, timnas Indonesia tak gentar untuk menghadapi tim Negeri Kanguru tersebut.  Pelatih timnas putri India, Rudy Eka Priyambada, mengaku telah mempelajari permainan Australia.

“Kalau melihat daftar skuad Australia, pemain-pemain mereka itu banyak yang bermain di Inggris dan Eropa,”  kata Rudy Eka dalam konferensi pers menjelang laga. “Untuk kami, khususnya di situasi Covid-19, kami beruntung bisa tampil di Piala Asia,” ucapnya.

Taktiknya, akan main normal, dia sudah mempelajari cara bermain Australia. Jadi, harus mempersiapkan laga ini, khususnya karena mereka punya pemain bagus.

Sementara itu, salah satu pemain timnas putri Indonesia, Ade Mustikiana, menyatakan siap untuk memberikan yang terbaik pada laga kontra Australia. Ade Mustikiana mengatakan bahwa duel melawan Sam Kerr akan memberi banyak pengalaman bagi timnas Indonesia. “Kami tahu Sam Kerr. Ini menjadi motivasi bagi kami dan saya sendiri karena ini akan menjadi pengalaman berharga untuk melawan nomine Pemain Terbaik FIFA,” ucap Ade.  “Semoga saya bisa memberikan yang terbaik di pertandingan nanti,” tuturnya.

Setelah melawan Australia, timnas Indonesia dijadwalkan melawan Thailand dan Filipina.(rd)

Editor : Fahmi Akbar