Kadinkes Aplikasi PeduliLindungi
Kepala BKPSDM Kota Depok, Novarita.

RADARDEPOK.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok, tak bisa leha-leha lagi. Di 2022, semua ASN Depok diwajibkan ikut apel saban Senin pagi. Aturan tersebut diteken Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, 30 Desember 2021 lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Novarita mengakui, telah mengetahui hal tersebut dan telah menerapkannya satu bulan sebelum surat itu dikeluarkan. “Kita sudah memulainya sejak Desember, satu bulan sebelumnya,” ungkap Novarita kepada Harian Radar Depok, Minggu (2/1).

Dalam penerapannya, terang Novarita, setiap instansi atau struktural Pemerintah Kota (Pemkot) Depok wajib mengkuti apel pagi tersebut.  Ketentuannya, wajib dihadiri Kepala masing-masing OPD beserta 25 persen pagawainya. Termaksud pejabat eselon dua dan tiga.

“Terkecuali, instansi diluar lingkungan Pemkot Depok seperti Kelurahan dan Kecamatan yang dapat diwakili oleh kepalanya saja,” jelasnya.

Lebih dalam, dia memaparkan, peserta apel pagi yang tidak dapat hadir harus menyertakan alasannya. Jika melanggar, dapat diberikan sanksi sesuai yang diatur dalam  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 mengenai, kedisplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Kita masih mengacu pada PP nomor 94 tentang Kedisiplinan PNS,” papar Novarita.

Setiap apel pagi yang dilangsungkan di halaman Pemkot Depok, selalu ada pembahasan yang dilakukan Walikota Depok, Mohammad Idris mengenai isu terkini yang sedang berkembang di Kota Depok. “Misalnya, terkait Pemerintahan, penyerapan anggaran dan lainnya,” tuturnya.

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengimbau instansi pemerintah melaksanakan apel pagi setiap Senin secara rutin, mulai awal 2022.

“Diimbau agar instansi pemerintah menyelenggarakan apel pada hari Senin pagi setiap minggunya terhitung sejak hari pertama kerja di tahun 2022, yaitu pada Senin, 3 Januari 2022,” kata Tjahjo dalam keterangannya.

Imbauan tersebut juga tertuang dalam surat imbauan Menpan RB yang diteken pada 30 Desember 2021. Melalui surat itu, Tjahjo mengatakan bahwa pelaksanaan apel pagi bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, serta pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia. Selain itu, juga untuk menumbuhkan disiplin bagi pegawai aparatur sipil negara (ASN).

Adapun pelaksanaan apel pagi tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan kantor masing-masing instansi pemerintah. Tjahjo mengingatkan bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan secara fisik dan virtual. Dalam pelaksanaan apel fisik, wajib memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, protokol kesehatan, serta perkembangan kasus Covid-19 di wilayah kantor instansi pemerintah.(ger/rd)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Fahmi Akbar