kadisdik jabar
HOBI DAN SILATURAHMI : Ketua Umum Organisasi Motor Bersatu dan Kompak (Omberko) Dedi Supandi saat berswa foto dengan anggota lainnya di salah satu kegiatan. ARNET/RADAR DEPOK

Meski terus menangani pandemi Covid-19, hal itu ternyata tidak membuat para Aparatur Sipil Negeri (ASN) Jawa Barat tak kehabisan akal untuk merawat silaturahmi berbalut dengan Organisasi Motor Bersatu dan Kompak (Omberko)

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi menjadi Ketua Umum setelah Omberko dirilis sekitar setahun lalu, tepatnya 10 Juli 2021 saat di masa pandemi Covid-19.

Menurut Dedi, Omberko digagas untuk menjalin silaturahmi yang efektif sesama pecinta kendaraan roda dua, sehingga komunikasi yang terbangun berjalan maksimal.

“Perlu diketahui ya, ini bukan geng motor tapi Kelompok Bermotor yang diisi untuk saling bantu membantu, bergotong royong melayani warga Jabar yang ada di dalam dalam pedesaan,” ungkap Ketua Umum Omberko Dedi kepada Radar Depok.

Para penunggang kuda besi yang menghuni Omberko adalah Seluruh Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kota yang tersebar di Jawa Barat. Setiap daerah memiliki jargonnya masing-masing, sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

Disampaikan Dedi yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Jawa Barat, tidak ada spesifikasi motor dalam Omberko bila ingin bergabung. Namun yang penting adalah niat yang tulus untuk menjaga dan merawat komunikasi sesama manusia.

“Anggotanya bukan dari dinas pendidikan saja ya, ada juga dari masyarakat lainnya. Buktinya saja, ibu Gubernur Jabar Atalya Praratya menjadi penggagas Omberko karena suka berkendara motor,” papar Dedi.

Orang nomor satu dalam dunia pendidikan di Jawa Barat ini memang mempunyai hobi berkendara motor sejak dirinya berada di bangku SMP tahun 1992. Hal itu karena jarak rumah ke sekolah terlampau jauh.

Bahkan disela waktu luang, Dedi kerap berkendara menyambangi sekolah-sekolah yang berada di pelosok Jabar. Alasannya, karena semua akses ke sekolah di Jabar ada yang sulit bila dijangkau pakai kendaraan roda empat.

“Saya juga sering ke sekolah pakai motor, di temani teman-teman yang lain. Ini serasa kembali muda,” tandasnya sambil tersenyum kecil. (Bersambung)

Editor : Junior Williandro