BPJamsostek Kerjasama PT Pos Indonesia Cabang Depok
KERJASAMA: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Depok bekerjasama dengan Kantor Pos Cabang Depok, dalam sosialisasi Program BPJamsostek kepada para agen dan 11 KCP Kantor Pos Cabang Depok, Sabtu (8/1). FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK — BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Depok melaksanakan kegiatan sosialisasi Program BPJamsostek kepada agen-agen, serta 11 KCP Kantor Pos Cabang Depok, pada Sabtu (8/1) di Kantor Pos Cabang Depok.

Pada kegiatan ini, Kabid Kepesertaan BPJamsostek Cabang Depok, Yanuar Wirandono memaparkan lima program BPJamsostek, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Diketahui, BPJamsostek telah menjalin kerja sama dengan Pos Indonesia yang memiliki kanal layanan fisik berupa kantor pos tersebar di seluruh Indonesia, serta platform digital berbasis rekening Giropos bernama Pospay.

“Sosialisasi ini merupakan tindaklanjut kerjasama antara BPJamsostek dan PT. Pos Indonesia terkait penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Secara resmi telah dilaunching oleh Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo, bersama dengan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi di Pos Bloc Jakarta, Senin 20 Desember 2021,” ujar Yanuar.

Kedua kanal tersebut dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran peserta baru maupun pembayaran iuran bagi pekerja Penerima Upah (Pekerja Sektor Formal), dan Bukan Penerima Upah (Pekerja Sektor Informal) yang telah terdaftar di BPJamsostek.

Kantor pos merupakan pelayanan publik yang tidak asing lagi bagi masyarakat, khususnya di pedesaan. Lokasi kantor pos yang tersebar di seluruh kecamatan tentunya makin mempermudah para pekerja seperti petani, nelayan dan supir angkutan untuk dapat dengan mudah mengakses layanan BPJamsostek.

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Depok, Rizal Dariakusumah menyampaikan kepada agen-agen serta KCP Kantor Pos Cabang Depok untuk segera mendaftarkan diri di program BPJS Ketenagakerjaan, serta menyosialisasikan bahwa pembayaran dan pendaftaran BPJamsostek sudah bisa dilakukan melalui kanal Pospay dari Kantor Pos Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk peningkatan mutu pelayanan kami kepada peserta. Peserta yang berdomisili jauh dari pusat kota tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk membayar iuran BPJamsostek, karena PT Pos Indonesia juga berada di setiap Kecamatan,” terang Rizal.

“Tentunya dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi, diharapkan mampu memperluas cakupan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan pembagian alat promosi program BPJamsostek kepada agen-agen serta 11 KCP Kantor Pos Cabang Depok.

Sementara itu, Kepala PT. Pos (Persero) Cabang Depok, Galang Budi Mulyo menyambut baik dan menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui jaringan PT. Pos Indonesia di Kota Depok.

“Kami menyambut baik dan mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, melalui jaringan PT. Pos Indonesia yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok. beserta agen pos dan aplikasi Postpay, kami siap mendukung proses pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja penerima upah dan bukan penerima upah,” pungkasnya. (gun/**)