PAPARAN : Pemimpin Cabang BRI Kantor Cabang Depok, Wisnu Aji Wibowo saat memberikan paparan dalam ‘Gathering Ekosistem Desa’ di The Margo Hotel Depok, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (12/01). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM. DEPOK – Dalam rangka mewujudkan pertumbuhan Bisnis Mikro yang berkelanjutan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Kantor Cabang Depok mengadakan ‘Gathering Ekosistem Desa’ 2022 di The Margo Hotel Depok, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (12/01).

Pemimpin Cabang Kantor Cabang Depok, Wisnu Aji Wibowo mengatakan, agenda tersebut untuk menggerakan BRI Unit agar strategi penggalian potensi di wilayah binaan BRI Unit lebih maksimal serta agar hubungan baik dengan para pelaku di dalam ekosistem desa dapat terwujud.

“Selain itu, tujuan yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara BRI dan UMKM, dimana UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia,’ tutur Wisn‘Gathering Ekosistem Desa’u kepada Radar Depok.

Wisnu menerangkan, adapun latar belakang ‘Gathering Ekosistem Desa’, yakni sebagai salah satu upaya mewujudkan pertumbuhan Bisnis Mikro yang berkelanjutan, telah diimplementasikan strategi Revitalisasi Mantri, yaitu menata kembali pola kerja Mantri agar Mantri dapat beraktivitas sesuai wilayah kerja, sehingga Mantri dapat fokus menggali potensi bisnis di wilayah BRI Unit. Penguasaan ekosistem BRI Unit dan akivitas pengembangan ekosistem menjadi kunci sukses implementasi Revitalisasi Mantri.

“Untuk dapat mengoptimalkan penguasaan ekosistem bisnis BRI Unit, diharapkan Unit Kerja dapat melekat pada ekosistem desa yang terdiri dari masyarakat desa, pemerintah desa, Badan Usaha Desa (BUMDes), dan klaster usaha yang saling terhubung dan mendukung satu dengan yang lain untuk menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan pada suatu desa,” terangnya.

FORUM : Suasana saat ‘Gathering Ekosistem Desa’ di The Margo Hotel Depok, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (12/01). ISTIMEWA

Menjalin silaturahmi dengan para pelaku dalam suatu ekosistem, lanjut Wisnu menerangkan, menjadi hal yang sangat penting untuk dapat membuka pintu potensi dan kolaborasi bisnis yang berkelanjutan.

“Peran pemimpin Unit Kerja juga menjadi sangat krusial untuk menjalin kerjasama bisnis bagi Unit Kerja,” katanya.

Wisnu menjelaskan tujuan kegiatan tersebut, yakni menjalin silaturahmi dengan pelaku dalam Ekosistem Desa sebagai pembuka pintu potensi bisnis, mengetahui dan mengoptimalkan pengelolaan dana, pengelolaan klaster, pengelolaan UMKM di wilayah Kabupaten/Kota di mana

BRI Unit berada, memperoleh database potensi Ekosistem Desa dan Klaster Usaha, mendorong optimalisasi potensi bisnis Ekosistem Desa dan Klaster Usaha, menciptakan rencana kerja yang tersusun sebagai upaya peningkatan bisnis mikro.

“Dan memberikan keyakinan kepada pekerja jajaran mikro bahwa masih terdapat ruang tumbuh untuk ekspansi Bisnis Mikro,” ucap Wisnu.

Gathering Ekosistem Desa tersebut turut dihadiri perwakilan dari Dinas Koperasi, Pasar dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah