PN depok
TUTUP : Kantor Pengadilan Negeri (PN) Depok terpaksa lockdown atau tutup sementara, usai beberapa orang pegawainya terjangkit Covid-19. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Peningkatan kasus Covid-19 di Depok, mulai memberikan dampak yang signifikan bagi salah satu instansi pemerintah di Depok. Adalah Pengadilan Negeri (PN) Depok, salah satu lembaga pelat merah yang terdampak dari peningkatan Covid-19 ini.

Ketua PN Kota Depok, Iman Luqmanul Hakim mengatakan, lembaga peradilan yang berada di Kota Kembang ini akan melakukan lockdown (tutup) pada 25 Januari-31 Januari 2022. Keputusan ini diambil setelah beberapa hakim dan pegawai PN Depok dinyatakan positif Covid-19.

Iya kita lockdown sementara, nanti baru buka Rabu 22 Februari 2022,” katanya, Senin (24/1).

Dia mengungkapkan, penerapan lockdown ini diambil sebagai langkah antisipasi penyebaran virus atau munculnya klaster Covid-19 di PN Depok.

PN Depok tetap konsisten berupaya mencegah penularan Covid-19. Sebagai instansi pelayanan publik kami wajib mencegah penularan virus di lingkugnan kami,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Humas PN Depok, Ahmad Fadil menjelaskan kasus aktif ini diketahui setelah pihaknya mengadakan swab antigen kepada seluruh hakim dan pegawai yang ada di pengadilan tersebut. Hasilnya cukup mencengangkan, 17 orang baik hakim ataupun pegawai dinyatakan positif Covid-19.

Saat ini semua orang yang dinyatakan positif Covid-19 sudah melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Meski demikian, lanjut Fadil, beberapa pelayanan masih akan beroperasi seperti pelayan PTSP. Hanya saja jam operasionalnya dibatasi, mulai dari pukul 08:00 WIB-12:00 WIB.

Untuk upaya hukum perdata dan pidana, perpanjangan penahanan, penyitaan dan penggeledahan, penerimaan surat masuk, dan persidangan pina anak akan ditunda sampai waktu yang ditentukan,” bebernya.

Dia berharap, kasus penularan Covid-19 tidak melebar dan bisa segera diminimalisir sehingga pelayanan bisa kembali normal seperti sedia kala.

“Demikian disampaikan agar publik pengguna jasa di PN Depok maupun para pihak yang sedang berperkara atau para keluarga dan para Terdakwa serta para Advokat dan Jaksa Penuntut Umum dapat mengetahui dan memakluminya. Salam sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro