BERSIHKAN JALAN : Petugas UPT DPKP Kecamatan Bojongsari sedang membersihkan tanah merah, bekas galian proyek pembuatan saluran drainase. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kecamatan Bojongsari, menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran ke dalam Gang Masjid Nurul Huda, RT01/02, Kelurahan Sawangan, Kecamtan Sawangan.

Kepala UPT DPKP Kecamatan Bojongsari, Munadi mengatakan, kedatangan mobil pemadam ke lingkungan Masjid Nurul Huda bukan karena ada kejadian kebakaran. Tetapi, untuk membersihkan tanah merah yang mengering di lokasi tersebut.

“Kita tadi siang dapat laporan dan permintaan dari warga untuk membersihkan tanah merah sisah kegiatan pembuatan saluran drainase,” kata Munadi, Jumat (7/1).

Dia mengungkapkan, sebagai pelayan masyarkat pihaknya selalu responsif untuk memberikan pelayanan, termasuk untuk membersihkan tanah yang mengganggu kenyamanan warga.

“Kami kerahkan satu unit mobil pemadam dan empat personel DPKP untuk menyiram semua tanah merah yang mengering di Gang Masjid Nurul Huda,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT01/02, Khoerudin membenarkan jika pihaknya membuat laporan ke UPT DPKP Kecamatan Bojongsari untuk membersihkan sisah galian saluran. Sebab, sisah galian tanah itu mengering dan beterbangan sehingga mencemari udara di sekitar sana.

“Tadi kita pas Salat Jumat pada kemasukan tanah semua, makanya kita minta tolong DPKP untuk membersihkan tanah ini,” tuturnya.

Dia menjelaskan, tanah ini merupakan sisa galian untuk pembuatan saluran yang baru saja mereka lakukan secara swadaya.

“Kita ngerjain salurannya secara swadaya, makanya tanahnya masih ada sisahnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, saluan yang mereka buat berupa pemasangan buis beton berdiameter 40 cm, dengan panjang saluran 300 meter.

“Pembuatan saluran baru selesai kemarin, makanya sisah tanahnya yang kering masih banyak,” tutupnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah