PERSIAPAN : Ojek Cantik Bananas sedang dipantau Camat Bojongsari, Mursalim dan Lurah Curug, Juanda sebelum mengantarkan makanan dalam Gebyar Aksi D’sunting Menara di halaman Kantor Kelurahan Curug, Bojongsari, Senin (24/01). NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Mewujudkan bebas stunting dan Ramah Anak, Kecamatan Bojongsari menggandeng Ojek Cantik (Ocan) untuk melaksanakan Gebyar Aksi Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’sunting Menara).

Acara yang diselenggarakan Tim D’sunting Menara Tingkat Kota Depok, bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Bojongsari dan Stake Holder yang diikuti tujuh lurah se-Kecamatan Bojongsari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Kecamatan Bojongsari,” ungkap Camat Bojongsari, Mursalim kepada Radar Depok, Senin (24/01).

Lebih rinci Mursalim menjelaskan, ada lima tujuan dari Aksi Gebyar D’sunting, di antaranya, Pemberian asupan pangan sehat untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Baduta dan Balita, Pengedukasian para remaja dan Calon Pengantin (Catin) melalui Poktan Penyuluhan Pola Asuh Anak/Remaja (PAAR), Menyukseskan Rumah Pangan Mandiri (RPM) berbasis keluarga dan Pengedukasian menu untuk makanan anak balita mencegah Stunting, Memberikan Pelatihan bagi keluarga stunting sebagai upaya kemandirian penambahan pendapatan keluarga serta Memberikan Edukasi kepada Kader Dasawisma tentang Stunting dan Peran Tim Pendamping Keluarga (TPK).

“Kegiatan dimulai dengan acara masak masak di tiap kelurahan,” tutur Mursalim.

Acara turut dimeriahkan dengaan adanya Ojek Cantik (Ocan) Bananas yang terdiri dari para Kader PKK.

“Nantinya para Ocan ini akan mengambil makanan yang telah dimasak di tiap masing-masing kelurahan,” ujarnya.

Mursalim menerangkan, setelah para Ocan berkumpul di tiap kelurahan, kemudian Ocan membagikan makanan dengan sasaran Balita, Bumil dan Busui yang terdaftar di setiap kelurahan.

“Nanti juga akan ada pelatihan dalam rangka peningkatan ekonomi bagi keluarga stunting,” ungkap Mursalim.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sembako untuk keluarga stunting dan ditutup dengan Edukasi Peran Kader Dasawisma dalam Percepatan Penurunan Stunting bersama dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK).

“Terima Kasih kepada Bunda Elly Farida sebagai Ketua pelaksana sehingga acara ini berjalan lancar,” tutupnya. (cr1)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah