Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PKB, M. Faizin. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Spirit doll atau boneka awarah yang belakangan tengah digandrungi sejumlah publik figur, dinilai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Faizin sebagai fenomena unik. Namun, tidak perlu dibesar-besarkan.

“Ini merupakan fenomena unik ya. Saya kira sah-sah saja dijadikan hobi. Tapi, saya harap agar tidak dibesar-besarkan,” tegas Faizin kepada Radar Depok, Selasa (11/01).
Namun, sambung dewan dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, jika spirit doll tersebut dianggap dapat membawa keberuntungan dan memiliki kekuatan supranatural kepada pemiliknya, dia menyarankan untuk ditinggalkan.

“Jika mengarah ke musrik, harus ditinggalkan, kita dilarang menyekutukan Allah,” tegas Faizin.

Wakil rakyat yang concern terhadap kepemudaan, UMKM dan pembangunan berwawasan lingkungan ini pun menyarankan agar masyarakat lebih baik merawat anak yatim piatu, sebagaimana dianjurkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW.
“Lebih baik rawat yatim piatu saja kalau begitu, jelas manfaatnya, berkah juga dunia akhirat,” tutur Faizin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Depok ini.

Faizin menerangkan, umat Islam dianjurkan untuk saling menyayangi, termasuk merawat anak yatim piatu. Seorang anak yang menjadi yatim piatu bukan berarti mereka tidak memiliki orangtua. Namun, mereka kehilangan orangtua yang sudah kembali kepada-Nya.

“Sebagai seorang muslim yang baik haruslah mengasihi dan menyayangi mereka. Rasulullah begitu perhatian pada anak yatim. Beliau mengatakan, ‘aku bersama orang yang merawat anak yatim itu seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah di surga nanti’,” ucap Faizin.

Diketahui, fenomena unik yang akhir-akhir ini booming di kalangan netizen melalui pemberitaan media tulis dan media sosial adalah keberadaan boneka arwah atau spirit doll. Di kalangan artis, mereka dengan terus terang mempertontonkan bagaimana boneka itu diperlakukan layaknya manusia. Spirit doll diadopsi seolah-olah anak angkat. Spirit doll yang berbentuk bayi diasuh bak seorang balita yang hidup. Dimandikan, dipakaikan baju, dan disuapi makanan. Diperlakukan seperti anak sendiri.

Dilansir dari jawapos.com (4/1), figur publik yang ramai diperbincangkan dan memiliki spirit doll, salah satunya, adalah Ivan Gunawan. Igun, begitu dia biasa disapa, dalam wawancaranya mengungkapkan bahwa dirinya memang memperlakukan boneka itu layaknya bayi. Namun, dia membantah anggapan bahwa boneka arwah miliknya tersebut ada ”isinya”. Kata arwah yang tersemat itu memang membawa kesan pada hal-hal supranatural pada boneka tersebut. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah