RADARDEPOK.COM – Grup dalam aplikasi pesan instan WhatsApp terkadang membuat beberapa orang terganggu dan menjadikannya ingin keluar dari grup tersebut.

Meski sudah tidak nyaman berada dalam grup tersebut, sejumlah orang merasa tidak enak untuk langsung keluar dari grup. Maka dari itu pengguna perlu beberapa trik saat keluar dari grup WhatsApp.

Berikut beberapa cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota grup lain:

Ganti Nama dan Hapus Foto Profil

Metode pertama yang paling sederhana untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa terdeketsi adalah dengan mengganti nama dan menghapus foto profil pada akun WhatsApp.

Cara untuk melakukan metode ini cukup mudah, pengguna dapat mengakses bagian pengaturan akun dengan klik menu opsi (ikon titik tiga), dan lalu pilih Settings atau Pengaturan.

Kemudian edit nama profil menjadi nama lain, lalu hapus foto profil yang ada.

Baca Juga : Minyak Goreng Mahal, Kuota Pasar Murah Depok Belum Turun

Setelah melakukan langkah tersebut, pengguna dapat masuk ke grup yang diinginkan, buka menu grup, lalu pilih exit group.

Melalui metode ini, pengguna dapat keluar tanpa terdeteksi karena nama yang muncul di notifikasi adalah bukan nama asli pengguna.

Gunakan Nomor Palsu

Menggunakan nomor palsu juga menjadi salah satu metode untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa terdeteksi. Metode ini bisa digunakan jika nama dan foto profil telah banyak diketahui oleh anggota grup.

Metode ini agak sedikit rumit karena pengguna memerlukan dua nomor telepon dan perlu mengikuti sejumlah tahapan untuk bisa berhasil keluar grup tanpa diketahui.

Pertama, pengguna perlu menyiapkan nomor baru sementara yang akan digunakan untuk mengelabui. Kemudian masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (ikon tiga titik). Kemudian klik Akun atau Account, dan pilih menu ubah nomor. Setelah itu masukkan nomor baru sementara tersebut.

Pertama, pengguna perlu menyiapkan nomor baru sementara yang akan digunakan untuk mengelabui. Kemudian masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (ikon tiga titik). Kemudian klik Akun atau Account, dan pilih menu ubah nomor. Setelah itu masukkan nomor baru sementara tersebut.

Kedua, tinggalkan segera grup yang ingin pengguna tinggalkan. Dan setelah keluar dari grup, lakukan clear data dan cache pada bagian pengaturan aplikasi di ponsel.
Terakhir, buka kembali aplikasi WhatsApp dan daftarkan ulang nomor lama yang digunakan.

Mengganti Nomor

Cara kali ini melibatkan nomor baru dan mungkin hanya dapat dipilih jika pengguna memang berniat untuk mengganti nomor lamanya dengan nomor telepon baru.

Mengganti nomor telepon tentu memiliki kekurangan, di antaranya adalah pengguna perlu kembali menyebarluaskan nomor kontak baru ke keluarga, rekan, dan kerabatnya.

Selain itu, riwayat percakapan pada akun WhatsApp lama juga berpotensi hilang jika pengguna berganti nomor.

Bisukan Grup WhatsApp

Metode kali ini tidak betul-betul keluar dari grup WhatsApp, melainkan hanya keluar dari kebisingan yang ada di grup tersebut.

Pengguna dapat membisukan grup WhatsApp dengan pilihan periode waktu ‘Selamanya’.

Cara ini membuat pengguna tetap berada di dalam grup, sehingga bisa sesekali untuk memantau obrolan.

Untuk melakukan cara ini, pengguna dapat memilih grup yang ingin dibisukan, lalu tekan dan tahan pada nama grup hingga muncul pilihan mute notification. Pilih opsi tersebut, lalu pilih opsi ‘selalu’. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya