ISTIRAHAT : Lurah Cinangka, Dion Wijaya bersama salah satu ketua lingkungan di Kelurahan Cinangka, sedang bersantai di jam istirahat kerja. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

Kasus Covid-19 nampaknya mulai meningkat di Depok. sejumlah rumah sakit (RS) di Depok mulai kembali kedatangan pasien dengan diagnosa Covid-19. Untuk itu, Lurah Cinangka, Kecamatan Sawangan, mengajak warganya untuk kembali mengetatkan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes).

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rintik hujan membasahi wilayah Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, pada Selasa (18/01) siang. Tampak lurah Cinangka, Dion Wijaya sedang menyeruput kopi hitam di meja kerjanya, sembari membaca berkas yang diberikan stafnya sebelum membubuhkan paraf ke berkas tersebut.

“Sekarang musim hujan gak jelas. Kadang hujan kadang cerah. Ini nih yang biasanya bawa penyakit,” ucap Dion sembari melaksanakan tugasnya sebagai kepala pemerintahan di Kelurahan Cinangka.

Saat musim hujan tak menentu seperti ini, biasanya akan muncul wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bisa menjangkit warga. Untuk itu, dia sudah acap kali mengimbau ketua lingkungan dan kader juru pemantau jentik (Jumantik) agar mengingatkan warga dan melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Saya sudah bikin surat edaran sejak awal musim hujan agar pelaksanaan PSN di jalankan. Tapi pada beberapa kesempatan saya juga sering menyampaikan imbauan secara lisan kepada warga terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Tak hanya DBD, Dion Wijaya juga mengantisipasi kembali memuncaknya kasus Covid-19 di wilayahnya. Sebab, saat ini di Depok sudah muncul kembali kasus Covid-19, bahkan beberapa kasus sudah ditemukan varian Omicron.

“Kemarin kan kita sama-sama dengar ya ada empat warga Depok yang kena Omicron, makanya saya berharap agar warga kami tidak ada yang kena,” bebernya.

Dia berharap, masyarakat kembali menjalankan dan mengencangkan Prokes dalam kehidupan sehari-hari, untuk menghindari munculnya penularan Covid-19 di wilayahnya.

“Ayo kita tingkatkan lagi disiplin Prokes kita, karena selain vaksin, Prokes adalah salah satu cara agar kita terhindar dari penularan Covid-19,” tutupnya. (*)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah