PANTAU TOWER : Kasipem Kelurahan Papsut, Komarudin sedang mengecek kegiatan pembangunan tower pemancar yang melanggar IMB di RT 02/02, Kelurahan Pasput, Kecamatan Sawangan. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PASPUT – Keberadaan tower pemancar di RT02/02, Kelurahan Pasir Putih (Papsut) Kecamatan Sawangan, Kota Depok berbuntut panjang. Pasalnya, keberadaan tower pemancar tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kabid Wasdu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Suryana Yusuf membenarkan jika tower yang sudah menjulang tinggi itu belum mengantongi IMB.

“Iya belum ada IMBnya, baru IPR aja,” kata Suryana, Selasa (4/1).

Dia mengungkapkan, keresahan warga di lokasi tower itu sudah sampai ke telinga mereka. Oleh karenanya, pihaknya sudah melayangkan surat panggilan (SP) 1 kepada penanggungjawab pembangunan tower.

“Kita sudah panggil yang bersangkutan untuk klarifikasi, dan sudah kami tegur untuk segera mengurus IMB-nya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sudah melarang segala bentuk kegiatan pemasangan tower di RT02/02, Kelurahan Pasput, jika melanggar pihaknya akan melayangkan SP 2.

“Kami sudah memerintahkan pemilik tower untuk memberhentikan sementara pembangunan towernya,” bebernya.

Terpisah, Kasipem Kelurahan Pasput, Komarudin mengungkapkan fakta yang berbanding terbalik dengan keterangan Kabid Wasdu DPMPTSP Kota Depok.

Komarudin mengungkapkan, sampai saat ini kegiatan pembangunan tower terus berjalan, bahkan di sana sudah terpasang radio pemancar.

“Kata siapa berhenti, ini saya cek di lapangan malah udah pasang antena pemancar,” terang Komarudin.

Komarudin mengaku menyayangkan lembeknya penegakan peraturan IMB di Depok, sehingga terkesan mudah sekali membangun bangunan tanpa harus mengantongi IMB di Depok.

“Ini jadi preseden buruk untuk Kota Depok, karena banyak oknum yang acap kali melanggar perizinan tapi tidak mendapatkan sanksi yang tegas,” Imbuhnya.

Dia berharap, Pemerintah Kota Depok lebih tegas dan lebih serius dalam menindak setiap pelanggaran pembangunan yang dilakukan oknum di Depok, hal ini untuk menciptakan ketertiban pembangunan dan rasa nyaman di lingkungan masyarakat.

“Tower ini kan punya dampak yang kurang bagus untuk kesehatan, karena radiasinya pasti akan mempengaruhi penduduk yang ada di sekitarnya,” tutupnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah