katar serua tanam
TANAM POHON : Anggota Katar Kelurahan Serua, sedang menanam bibit pohon alpukat, sebagi bagian dari program kerja mereka tahun ini. FOTO : NDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SERUA – Karang Taruna (Katar) Kelurahan Serua, Kecamatan Bojonegsari mulai menjalankan program ekonomi produktif.

Ketua Katar Kelurahan Serua, Roby Vahlevi mengatakan, saat ini mereka mencoba menerapkan kegiatan ekonomi produktif dengan melakukan budidaya pohon buah.

“Kami ingin mencoba membuat sebuah jenis usaha baru berjangka panjang, salah satunya dengan penanaman pohon buah,” kata Roby, Senin (10/01).

Dia mengungkapkan, program ini dikerjakan dari hulu sampai hilir, seperti penanaman pohon, perawatan pohon dan juga pengolahan buah hasil penanaman pohon.

“Kita tanam 100 pohon buah, mangga dan alpukat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, program budidaya ini dilakukan di lahan seluas 200 meter, yang terletak di RT2/5, Kelurahan Serua.

“Februari ini kami juga akan mengadakan pelatihan pencangkokan pohon, agar anggota Katar lain bisa mencoba membudidayakan pohon buah ini di lahan sekitar rumah mereka,” bebernya.

Roby memperkirakan, panen buah yang mereka tanam ini baru bisa dilaksanakan tiga tahun ke depan, sesuai dengan penjelasan dari suplayer pohon buah mereka.

“Makanya ini disebut proyek jangka panjang, karena kita dilatih sabar dan telaten dalam mengurus budidaya ini, sehingga nanti kita bisa menikmati hasilnya,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Serua, Sanudin mengapresiasi dan mendukung program usaha produktif Katar Kelurahan Serua ini.

“Saya bangga dan mendukung program ini, karena ini mempunyai banyak manfaat untuk mereka dan lingkungan tentunya,” ujarnya.

Sanudin menambahkan, pihaknya juga memberikan dukungan baik moril maupun materil agar program ini bisa berjalan dengan baik.

“Kami menyediakan bibit pohon dan juga pupuk, untuk budidaya pohon buah Katar Kelurahan Serua ini,” pungkasnya. (rd/dra) 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya