MANFAATKEBUNGIZI : Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Cilodong saat memetik hasil dari Kebun Gizi Hidroponik.FOTO:ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Keberadaan Kebun Gizi Hidroponik atas dari bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) dari Kimia Farma dimanfaatkan dengan baik seluruh penghuni pesantren, mulai dari pengurus hingga santri, sampai kini memberikan kehidupan pondok tersebut.

Koordinator Kebun Gizi Hidroponik Ponpes Hidayatullah, Mahmudin sempat memberitahukan bila kebun tersebut berawal dari CSR salah satu perusahaan kesehatan yang memberikan bibit dan perlengkapan untuk berdirinya kebun ini.

“Kimia Farma yang memanfaatkan potensi lembaga pendidikan pesantren demi mendukung pengembangan kemandirian ekonomi,” katanya ditengah kesejukan kebun itu.

Kebun ini bahkan bukan hanya dari Kimia Farma, tapi juga ada peran Laznas BMH yang tetap memberikan pendampingan dalam perawatan dan memastikan program atau kegiatan kerjasama ini dapat berjalan efektif dan efisien.

Karena tujuan Ponpes bersama lembaga tersebut sama, yang mana bisa melahirkan generasi milenial di kalangan santri yang memiliki jiwa dan skill usaha, sehingga dapat membangun masa depan yang cemerlang.

“Akan lengkap bila ilmu usaha dan ilmu agama dimiliki seluruh santri disini,” ungkap Mahmudin.

Tak berhenti disana, kehadiran kebun gizi ini dapat membangkitkan ponpes untuk menjadi lebih mandiri dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki, baik dari kebun gizi maupun dari lainnya.

“Alhamdulilah sampai saat ini hasilnya semakin baik. Ekonomi mandiri di ponpes berjalan dengan baik, biaya pendidikan santri menjadi gratis. ini berkat kebun gizi,” jelasnya.

Meski sempat dihajar pandemi Covid-19 karena tidak bisa mengirim barang akibat aktivitas perekonomian terkunci, namun ponpes tetap melakukan inovasi dengan menghidupi santri dari sayur mayur hidroponik untuk makan sehari-hari.(rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Febrina