TERIMA PIAGAM : Walikota Depok, Mohammad Idris sedang mengerahkan piagam penghargaan lomba KLA, kepada Lurah Pengasinan Asep Suherman. INDRA SIREGAR/ RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PENGASINAN – Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, belum lama ini meraih juara ketiga Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak (KLA) tahun 2021 tingkat Kota Depok.Penyerahan piala, piagam dan hadiah lainnya diberikan Walikota Depok, Mohammad Idris kepada Lurah Pengasinan, Asep Suherman.

Asep Suherman mengatakan, keberhasilan mereka dalam meraih juara ketiga pada Lomba KLA tidak terlepas dari dukungan warga.

“Ini peran warga, salah satunya RW 13 yang memiliki inovasi terkait dengan inklusi,” katanya, Rabu (5/1).

Dari lomba tersebut, lanjut dia, tim penilai dari dinas dan instansi terkait di Kota Depok menghadiahkan juara ketiga Lomba Inovasi KLA.

“Kami bersyukur atas juara tersebut di tingkat Kota Depok sehingga Kelurahan Pengasinan lebih dikenal di kalangan masyarakat” ujarnya.

Dia mengungkapkan, untuk program tahun 2022, Kelurahan Pengasinan akan berupaya menurunkan angka stunting serta Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Sebab, di wilayahnya masih ada warga yang belum mempunyai septic tank. Untuk itu, bagi yang belum punya nantinya akan didata berapa jumlah kemudian diusulkan pembangunannya ke dinas terkait.

“Kami akan data rumah warga yang belum punya septic tank dan nantinya akan diajukan ke Dinas Perumahan dan Permukiman, serta kerjasama dengan BKM atau diusulkan melalui Pokir dewan,” terangnya.

Ketika ditanya mengenai data stunting dan penggunaan jamban di Pengasinan, Asep enggan memberikan jawaban yang jelas. Dia hanya mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan stakeholder di wilayah tersebut untuk mengetahui datanya.

“Kalau data stunting ada di Puskesmas Pengasinan, kalau warga yang masih pake jamban baru mau kita data,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah