pwi depok
Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengusulkan Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah mewakili Provinsi Jabar, untuk meraih penghargaan di Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 9 Pebruari 2022 mendatang.

Usulan untuk Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah tersebut tertuang dalam surat PWI Provinsi Jabar ke PWI Pusat bernomor 094/PWI-JB/XII/2021 yang ditandatangani Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat dan Sekretaris PWI Jabar Tantan Sulthon.

Ketua PWI Kota Depok periode 2021-2024 ini cukup konsisten berkarir sebagai wartawan, lolos seleksi untuk diusulkan PWI Provinsi Jabar menerima penghargaan untuk kategori peraih Press Card Number One (PCNO) 2022.

Wartawan senior Republika ini dinilai karena cukup aktif, kreatif dan inovatif, terutama di saat pandemi Covid-19. Ia bergerak cepat dan tepat membatu rekan-rekan wartawan dan keluarga dalam mengatasi persoalan rapid test, vaksinasi, dan mencarikan rumah sakit untuk perawatan wartawan dan keluarga yang terpapar positif Covid-19. Tak hanya itu, ia juga ikut mencarikan sponsor membantu kebutuhan sembako untuk kalangan wartawan yang terdampak Covid-19.

Sebagai Ketua PWI Kota Depok, juga kerap menggelar diskusi dengan berbagai kalangan, aktif melakukan sosialisasi peran dan fungsi pers, kode etik pers, kemitraan pers serta membantu penyelesaian konflik pers. Rusdy pendiri komunitas wartawan, Depok Media Center (DMC) dan Pokja Wartawan Depok serta penggagas pemberian penghargaan untuk wartawan yakni DMC Awards dan penggagas pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Depok.

Rusdy juga dikenal wartawan yang cukup kritis, profesional dan militan serta pengalaman yang sudah tak diragukan lagi. Selama 29 tahun berkiprah sebagai wartawan di media nasional Republika, malang melintang di berbagai desk ekonomi, politik, nusantara, olahraga, hiburan, kriminal dan perkotaan dan diataranya liputan yang fenomenal yakni meliput perang di Aceh, liputan investigasi Mengarungi Malam ke LP Nusakambangan dan liputan backpacker Jakarta-Tibet.

Kepiawaiannya menyajikan tulisan khas (feature) yang bertutur juga menjadi penilaian lebih untuk Rusdy diusulkan meraih PCNO 2022.

Selain itu, PWI Provinsi Jabar juga mengusulkan dua orang kepala daerah mewakili Provinsi Jabar yakni Bupati Indramayu Nina Agustina, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan untuk dapat penghargaan kategori Anugerah Kebudayaan PWI (AK-PWI).

Bupati Indramayu, Nina Agustina diusulkan karena cukup aktif menjalin kemitraan dengan pers, terutama soal pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Lalu, melakukan terobosan, selain menggunakan pendekatan hukum dalam menghadapi persoalan klasik Pekerja Migran Indonesia (PMI), kini mulai menggunakan pendekatan kultural, diantaranya dengan film Ngarot.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi diusulkan karena juga cukup baik menjalin kemitraan dengan kalangan pers terutama dengan PWI, wujud nyatanya membangun Kantor PWI Bekasi yang cukup megah pada 2021.

Selain itu, ia juga terus melestarikan identitas dan budaya Betawi, di tengah mayoritas penduduk pendatang dan berpacu dengan budaya metropolis dan kini dikenal sebagai kota perdagangan dan industri. Wali Kota Bekasi juga cukup aktif memperhatikan dan melayani warga di era pandemi Covid-19, memiliki aplikasi LKM-Sijoni untuk layanan kesehatan berbasis NIK dan berbagai aplikasi lain untuk layanan antar obat secara gratis. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro