TPA Cipayung 500 ton sampahnya dialihkan ke Nambo
AKTIVITAS TPA : Petugas kebersihan saat mengurai sampah di tumpukan sampah yang terdapat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok menargetkan 925 Bank Sampah bisa menyebar di setiap RW. Hal ini salah satu bentuk antisipasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengurai volume sampah di TPA Cipayung.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, target itu akan direalisasikan sepanjang tahun 2022, sehingga dapat membantu penanganan sampah di Kota Depok.

“Ini memang buntut dari pengupayaan pembuangan sampah ke TPA Nambo Bogor yang biayanya besar jadi kita sambil dorong masyarakat untuk adakan bank sampah,” jelas Imam.

Pemerintah sedang berupaya untuk mengantisipasi penumpukan sampah di TPA Cipayung dengan membuang dan mengolah sampah ke TPA Nambo.

Saat ini kata Imam, sudah ada 315 Bank Sampah yang telah tersebar di Kota Depok. Masyarakat pun terus didorong untuk aktif melakukan pemilahan sampah melalui Bank Sampah.

“Jadi kalau masyarakat aktif memilah sampah, jumlah sampah yang masuk ke TPA Cipayung otomatis akan berkurang,” tandas Imam. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arner Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya