segel
EKSEKUSI PENYEGELAN : Aktifitas petugas gabungan saat melakukan penyegelan pada bangunan yang tidak memiliki IMB, di Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Rabu (26/1).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bangunan tidak mengantongi izin di Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, kena garap Satpol PP Kota Depok. Bangunan tersebut disegel karena melanggar empat Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok, Rabu (26/1).

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdiany menerangkan, bangunan yang segel petugas milik saudara Sudaryono. Hal ini berdasarkan Perda yang telah dilanggar.

“Ada empat Perda yang dilanggar, jadi kami melakukan langkah tegas karena sudah melalui tahap peneguran maupun peringatan tapi tak diindahkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, empat Perda yang dilanggar meliputi Perda Kota Depok No 3 Tahun 2019 tentang Perizinan dan Non Perizinan, Perda Kota Depok No 16 Tahun 2012 Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum, Perda Kota Depok No 2 Tahun 2016 tentang Izin Mendirikan Bangunan, dan Perda Kota Depok No 12 Tahun 2015 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan.

“Petugas juga dilengkapi dengan Surat Perintah Tugas Nomor : 800/44 – Gakda,” terang Lienda.

Ia menekankan, petugas melakukan penutupan karena bangunan milik Sudaryono belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sehingga harus diurus segala kelengkapannya agar petugas dapat membukan kembali bangunan tersebut.

Petugas menyambangi lokasi sekitar pukul 09.30 WIB dan langsung mengeksekusi bangunan tersebut dengan memasang plang penyegelan, yang berlokasi di Jalan Erha, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere.

Lienda mengungkapkan, total ada 39 petugas yang melakukan penyegelan, dengan rincian Satpol PP 29 personil, Polri 5 personil, dan TNI 5 personel.

“Alhamdulilah berjalan lancar dan kondusif. Kami juga memberikan pemahaman dan kesadaran kepada suatu badan maupun instansi mengenai pentingnya memiliki izin atau legalitas sebelum mendirikan suatu bangunan,” tandasnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro