JUALAN : Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti saat jualan Pecel Blitar di depan Alun-alun Kota Depok, Jalan Boulevard GDC, Kecamatan Cilodong. Istimewa

Dikenal concern membantu dan mendukung serta mengobarkan semangat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk terus produktif, Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti tidak malu untuk berdagang pecel di seberang Alun-alun Kota Depok.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – “Monggo Ibu Bapak Minggu pagi sarapan pecel borong Pecel Blitar depan Indomaret Alun2 kota Depok matur nuwun,” satu pesan masuk dalam aplikasi pesan singkat Whatsapp, yang dilanjutkan dengan foto spanduk bertuliskan Rama Sinta Pecel Blitar.

Pesan tersebut datang dari Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti, awak Radar Depok sendiri menyimpannya dengan nama Bunda Endah, Sekum Demokrat Depok.

Sepengetahuan awak Radar Depok, Endah Winarti memang sangat fokus di bidang kuliner dan mendorong UMKM di Kota Depok, khususnya di Kecamatan Sukmajaya dapat maju dan naik level. Bahkan, jauh sebelum pandemi Covid-19, hal tersebut sudah dilakoni politikus Partai Demokrat tersebut.

Setelah menanyakan kabar untuk mengawali obrolan, awak media pun dimulai dengan beberapa pertanyaan tentang Pecel Blitar yang dikirimkan Endah Winarti yang juga Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Depok ini.

Tentu saja, seperti biasanya Endah dengan senang hati menjawab satu per satu pertanyaan yang dilontarkan awak Radar Depok.

“Siap, ayo ini untuk memotivasi banyak orang berdagang dan terjun ke sektor UMKM, untuk menghidupkan ekonomi keluarga,” tutur Endah.

Awal 2022 menjadi tahun pembuka Pecel Blitar yang dibuka Endah Winarti, di tahun ini atau akhir 2021 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah mulai dilonggarkan, seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 dan tingkat hunian rumah sakit (BOR) sudah normal.

“Awal 2022 , mensyukuri nikmat sehat, nikmat silaturahmi dan mengembangkan usaha jasa boga menekuni kuliner sehat bersama UMKM Kota Depok, khususnya di Sukmajaya,” kata Endah.

Tak gengsi dengan jabatannya sebagai Sekretaris Umum (Sekum) DPC Partai Demokrat Kota Depok, bahkan Anggota DPRD Kota Depok, Endah pun tidak sungkan untuk melayani pembeli secara langsung.

“Kalau tidak ada agenda dinas kedewanan, insha Allah saya datang langsung dan melayani pembeli,” tegas Endah.

Beberapa menu selain Pecel Blitar, di stand Endah juga terdapat aneka gorengan, mulai dari gorengan tahu brontak, bakwan, mendoan. Kemudian, menu pilihan lain seperti nasi uduk, rempeyek, kerupuk mie, rengrengannya.

“Ada juga Dimsum dan produk UMKM lainnya,” ucap Endah.

Untuk harga, tentu saja Endah tidak membandrol barang dagangnya hingga membuat kantong jebol. Untuk satu porsi pecel dilego Rp10 ribu. Tentu saja, jika menambah lontong dan gorengan berbeda harganya.

“Tapi yang jelas, saya ingin silaturahmi dan memotivasi warga untuk berwirausaha. UMKM itu memiliki potensi yang besar, tidak hanya menopang perekonomian keluarga, juga menciptakan lapangan kerja,” pungkas Endah Winarti. (*)

Editor : Ricky Juliansyah