Pelaksanaan Sunatan Massal di Masjid Islamic Center Ar-Rahman, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. Minggu (16/1).FOTO:IVANNA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Masjid Islamic Center Ar-Rahman, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis menggelar Sunatan Massal untuk masyarakat yang kurang mampu. Sunatan massal ini bekerjasama dengan Klinik Garsa Medika, Minggu (16/1).

Ketua DKM Islamic Center Arrahmaniyah, Tolingul Anwar mengatakan, pihaknya memberikan 50 kuota untuk masyarakat yang ingin mengikuti sunatan massal.

“Untuk awal ini kami memberikan 50 kuota untuk anak-anak yang ingin mengikuti sunatan massal ini. Namun saya lihat, antusiasnya sangat baik,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (16/1).

Dirinya menjelaskan, berkat antusias masyarakat yang baik, 50 kuota yang tersedia habis dalam waktu dua hari. Pihaknya pun melaksanakan sunatan massal dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Karena masih pandemi, kita melakukan tindakan secara bertahap, jadi tidak 50 orang sekaligus. Melainkan dipanggil per-6 orang,” jelasnya.

Masjid Islamic Center Ar-Rahman tak hanya dijadikan sebagai tempat melaksanakan ibadah, tetapi masjid itu baru saja membangun pos kesehatan masjid berupa kios sehat untuk masyarakat yang ingin memeriksa kesehatannya.

Selama pandemi kemarin, kios sehat memberikan layanan, asistensi karantina dirumah dan layanan telemedicine. Saat ini Kios Sehat sudah dilengkapi dengan Alat periksa IOT yang berguna untuk monitoring chronik illness bagi jamaah khususnya dan warga cibubur umumnya.

“Dengan alat ini dapat digunakan untuk memonitor penyakit hipertensi, kolesterol, asam urat dan gula darah yang datanya terekam dan dapat setiap saat dilihat melalui hp sebagai medic record elektronik,” terangnya.

Kedepannya, Masjid Islamic Center Arrahman akan menggelar program-program baru. Selain itu, Masjid Islamic Center Ar Rahman juga rutin menggelar kegiatan olahraga setiap dua bulan sekali.

“Kedepannya kami akan menggelar program Pasar Subuh yang akan dilaksanakan rencananya sebulan sekali dengan syarat masyarakat harus mengikuti salat subuh di Masjid Islamic Center Ar-Rahman” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Kesejahteraan Muslim, Abdul Latif berharap, kegiatan sunatan massal ini dapat terus berlanjut, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan sunatan massal seperti ini.

“Alhamdulillah kegiatam saat ini sudah berjalan lancar, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berlanjut karena masih banyak yang membutuhkan,” tandasnya.(rd/van)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Febrina