donor thalasemia
FLYER : Katar Kecamatan Sukmajaya mengajak masyarakat Kota Depok, terkhusus Kecamatan Sukmajaya supaya mendonorkan darah untuk penderita thalasemia. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Peduli penderita Thalasemia, Karang Taruna (Katar) Kecamatan Sukmajaya membuka pendaftaran donor darah yang dapat diakses melalui link http://bit.ly/DaftarDonorDarahThalasemia .

“Bagi yang ingin mendonorkan darahnya untuk penderita thalasemia dapat mengakses link tersebut,” kata Ketua Katar Kecamatan Sukmajaya, Abdul Rohim kepada Radar Depok, Selasa (4/1).

Menurut Rohim, latar belakang kegiatan donor darah itu didasari oleh kepedulian beberapa komunitas maupun organisasi terhadap penderita thalasemia yang membutuhkan banyak kantung darah setiap bulannya.

“Mereka itu harus cuci darah setiap bulannya,” ungkapnya.

Menurut dia, jika tidak dicegah secara serius, anggaran negara dapat terganggu untuk mengobati penyakit itu. Mengingat, cuci darah sudah menjadi kebutuhan pokok setiap penderita thalasemia.

“Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi,” tegas Rohim.

Rohim menyarankan, agar setiap pasangan yang ingin memperlangsungkan pernikahan supaya melakukan pengecekan darah terlebih dahulu.

“Hal itu dapat meminimalisir penularahan penyakit thalasemia,” tuturnya.

Rencananya, beber dia, kegiatan donor darah tersebut akan dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Sukmajaya, Jalan Merdeka No. 1, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya pada Sabtu, 8 Januari 2022, Pukul 08.30 WIB – selesai.

“Kami memohon dukungan semua pihak dan masyarakat. Ayo donorkan darah kita untuk menyelamatkan saudara kita yang menderita thalasemia,” pungkas Rohim. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya