MENGAMANKAN : Babinsa Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Hengki NGR bersama Bhabinkamtinmas ketempat ketika melakukan pengamanan terhadap pelaku pencurian kabel. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Tak banyak yang mengetahui tugas mulia nan berat yang terus dilakoni Bintara Pembina Desa (Babinsa). Begitu pula yang dialami Babinsa Kelurahan Depok, Hengki NGR mulai dari berbaur dengan masyrakat hingga turut mengamankan lingkungan.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Siang itu duduk Hengki ditemani segelas minuman hangat. Dia sedang membuka aplikasi Whatsapp. Lalu, masuk kabar bahwa adanya aksi pencurian kabel disalah satu toko rongsok di salah satu RT di wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Mendengar kabar itu, Hengki langsung berkordinasi dengan Bhabinkamtias setempat untuk segera turun ke lokasi dan melakukan upaya pengamanan.

“Ya, saya mendapatkan info adanya penangkapan pencuri kabel di salah satu tempat rongksok,” ujar Hengki kepada Radar Depok, Minggu (23/01).

Sesampainya di lokasi, dia mendapatkan informasi bahwa pemilik telah mencurigai jumlah kabel yang tiap harinya makin berkurang.

Tak ingin berburuk sangka, pemilik kemudian membuka rekaman CCTV dari sekitar lokasi untuk memastikan siapa pelaku pencurian tersebut.

Pemilik toko rongsok tersebut kaget bukan main, setelah melihat salah satu pekerjanya tampil dalam CCTV tersebut dan sedang melakulan aksi pencurian.

“Jadi pelakunya itu pekerjanya sendiri setelah dilihat dari rekaman CCTV,” ujarnya.

Meski merasa kecewa, sang pemilik tak main hakim sendiri, dia menghubungi Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat untuk dilakukan pengamanan dan upaya melalui, jalur hukum.

“Sang pemilik menyerahkan sepenuhnya dibawa ke jalur hukum. Kemudian, saya bersama bhabinkamtibmas menyerahkan pelaku kepada Polsek Pancoranmas,” jelasnya.

Hengki mengimbau masyrakat sekitar agar segera melaporkan tindakan-tindakan serupa kepada pihak berwajib untuk segera berproses secara hukum yang berlaku. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah