BUKA MUSRENBANG : Lurah Beji, Raden Agus Muhammad sedang membuka kegiatan Musrenbang, di Balai Rakyat Beji. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BEJI – Kelurahan Beji, Kecamatan Beji memprioritaskan menu wajib pada pembangunan tahun 2023. Keputusan ini merupakan hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Beji yang sukses digelar pada Rabu (19/01) lalu.

“Hasil dari Musrenbang kami sepakat akan melakukan kegiatan di menu wajib ,yaitu pembangunan non fisik,” ujar Lura Beji, Raden Agus Muhammad, Kamis (20/01).

Dia menjelaskan, terdapat sejumlah kegiatan yang terdapat dalam menu wajib. Antara lain pembangunan kampung cerdas ramah keluarga, pelaksanaan kelurahan layak anak, penguatan kapasitas dan operasional kelembagaan PKK, pengelolaan kegiatan kesehatan masyarakat dalam penanggulangan TB dan HIV.

“Kami ingin berpartisipasi untuk mewujudkan Kota Sehat di Depok, makanya kami setuju dengan usulan wajib ini,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Agus, ada lagi usulan wajib lain, seperti penanganan stunting, penyelenggaraan kelurahan sehat, pelacakan warga putus sekolah, pendidikan usia dini, pelatihan pemilahan sampah, pelatihan inovasi teknologi tepat guna, pelatihan manajemen kepemimpinan bagi organisasi kepemudaan dan pembuatan sumur resapan serta pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Kami tidak melakukan pembuatan sumur resapan karena Alhamdulillah kami sudah bebas Open Defecation Free (ODF) atau wilayah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS),” jelasnya.

Selain kegiatan pada menu wajib, tambah Iwan, pihaknya juga akan melakukan pembangunan yang ada pada menu pilihan. Berupa pembangunan saluran air atau drainase sepanjang 50 meter di RW 03 dan RW 05.

“Harapannya dengan adanya pembangunan ini kita bisa mencapai visi Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” tutupnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah