MUSYAWARAH : Ketua LPM Kelurahan Depok (depan, kiri) ketika mengikuti Musrenbang Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas Tahun Anggaran 2023, Selasa (11/1). GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas tidak main-main dalam memperbaiki dan membangun lingkungannya. Hal itu dibuktikan dalam pengajuan pada Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Depok Tahun Anggaran 2023.

“Kita fokus pada tiga program karena, itu menjadi kebutuhan di wilayah Kelurahan Depok, ini juga merupakan pilihan wajib,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyrakat (LPM) Kelurahan Depok, Haryanto kepada Radar Depok, Rabu (12/1).

Pertama, sebut Haryanto, pihaknya telah mengajukan 30 titik yang akan dipasangi Penerangan Jalan Lingkungan (PJL). Yang terbagi pada tiga wilayah.

“Jadi, kita ajukan untuk lingkungan Kampung Lio karena, memang didaerah tersebut rawan,” ujarnya.

Dia menerangkan, pengajuan tersebut juga akan berdampak pada objek wisata yang ada pada lingkungan tersebut, yakni Situ Rawa Besar.

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap objek wisata yang ada diwilayah kami,” ucap Haryanto.

Selanjutnya, terang Haryanto, pihaknya juga mengajukan 16 titik sumur resapan. Mengingat, beberapa wilayah di Kelurahan Depok lokasinya dekat dengan Situ Rawa Besar dan berpotensi terjadi banjir saat hujan turun.

“Terutama di daerah yang rawan banjir, hujan sedikit saja sudah naik semata kaki, minimal jalan utama tidak tegenang air,” tuturnya.

Selain itu, dia memaparkan, guna mendukung program Open Defication Free (ODF) pada Tahun 2023, pihaknya telah mengajukan 22 titik septictank individual.

“Kita ajukan septictank individual. Totalnya, ada 900 KK yang masih buang air besar sembarangan,” kata Haryanto.

Lebih dalam, Haryanto menandasakan, akan mengajukan setiap pemegang Kartu Keluarga (KK) tersebut yang tidak masuk dalam pengajuan di Musrenbang.

“Kalo untuk mengakomodir semuanya kan tidak cukup, jadi kita akan coba lewat dinas terkait,” tutupnya. (ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah