USULAN : Susana pengajuan usulan Musrenbang Kelurahan Sawangan, di Aula Kelurahan Sawangan, yang dihadiri beberapa anggota dewan dan Tiga Pilar Kecamatan Sawangan. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Aparatur Kelurahan Sawangan, bersama seluruh stakeholder di kelurahan tersebut, melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Sawangan, yang diadakan di Aula Kantor Kelurahan Sawangan, Rabu (12/01).

Lurah Sawangan, Akhsan Hariri mengatakan, dalam pelaksanaan Musrenbang tahun 2023 ini, pihaknya tidak begitu banyak mengajukan usulan perbaikan fisik, sebab di sana sudah berjalan pembangunan fisik sejak tahun anggaran 2021, akan tetapi pihaknya fokus pada pembangunan non fisik atau peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sana.

“Pembangunan fisik sudah dilakukan di anggaran 2021, dan akan dilakukan lagi pada anggaran tahun 2022, sedangkan 2023 kami lebih banyak fokus ke 15 item wajib, dan pembangunan non fisik,” kata Akhsan, Rabu (12/01).

Dia mengungkapkan, di Tahun Anggaran 2021 wilayahnya mendapatkan tujuh titik kegiatan fisik, berupa peningkatan jalan dengan paving block maupun aspal. Lalu ada perbaikan enam unit rumah tidak layak huni (RTLH). Sedangkan untuk realisasi Tahun Anggaran 2022 ini, pihaknya sudah mengajukan perluasan segitiga Jalan Raya Abdul Wahab, dan pembangunan pusat kegiatan olahraga dan UMKM di lapangan PSP, kemudian penyediaan lahan tempat pemakaman umum (TPU) Saangan, dan pengajuan fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos/Fasum).

“Insha Allah tahun ini akan mulai dikerjakan semua usulan kita di tahun 2021,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua LPM Kelurahan Sawangan, Indra Jaya menambahkan, dalam Musrenbang tahun anggaran 2023 ini, pihaknya mengajukan 15 usulan wajib, dan tujuh usulan pilihan.

“Kami ajukan usulan pilihan berupa program Kelurahan Layak Anak, PIK-R, Penguatan Kampung KB, perbaikan drainase dan jalan lingkungan, Pelatihan Menjahit Dasar, dan Penyuluhan Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT),” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah