MUSRENBANG : Apratur Kecamtan Beji dan Kelurahan Tanah Baru, berfoto bersama peserta kegiatan Musrenbang, di aula Kantor Kelurahan Tanah Baru. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, TANAHBARU – Setiap kelurahan di Depok silih berganti melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan. Salah satu kelurahan yang juga melaksanakan Musrenbang adalah Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Lurah Tanah Baru, Dicky Mahyudin mengatakan, pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu menu wajib bagi Kelurahan Tanah Baru dalam Musrenbang tahun anggaran 2023 ini.

“Kelurahan Tanah Baru salah satu yang diunggulkan adalah UMKM, sesuai dengan tema Musrembang tahun ini adalah untuk pemulihan ekonomi, khususnya untuk pelaku usaha yang terdampak akibat pandemi Covid-19,” kata Dicky, Jumat (14/01).

Dia mengungkapkan, UMKM yang berpotensi dimunculkan di Kelurahan Tanah Baru benyak bergerak di bidang kuliner, seperti rendang, jahe merah, dan aneka kue.

Baca Juga  Depok Perkuat Sinergitas dengan PMI Bogor

“Bahkan hasil produk UMKM Kelurahan Tanah Baru ikut memberikan poin dalam lomba kinerja kelurahan, sehingga bisa juara di tingkat Provinsi Jawa Barat. Bahkan, ada yang sudah go internasional,” tuturnya.

Lebih lanjut Lurah Tanah Baru menyampaikan, guna mendukung pemberdayaan UMKM, pihaknya berbagai pelatihan serta penyediaan Pojok Design dan Promosi Online.

“Ini untuk memfasilitasi UMKM dalam mempromosikan usaha secara online, begitu juga UMKM yang belum memiliki logo atau kemasan akan dibantu untuk pembuatannya secara gratis,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan upaya yang dilakukan ini diharapkan akan semakin meningkatkan potensi UMKM, memunculkan UMKM baru, sehingga bisa mengentaskan berbagai permasalahan ekonomi di masyarakat akibat pandemi Covid-19 dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga  11 RW di PGS Sudah Nol Kasus Covid-19

“Kami berharap UMKM di Tanah Baru semakin maju dan menjadi ikhtiar kita bersama dalam menyejahterakan warga,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah