PEMILIHAN : Lurah Gandul Nyai Aliyah (dua dari kanan) saat menghadiri pemilihan ketua RT 28/8 Kelurahan Gandul, Cinere Sabtu (22/1) malam. NURHIDAYATI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, GANDUL – Kelurahan Gandul mulai mencari ketua lingkungan baru. Setelah lima tahun menjabat, warga Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere menggelar pesta demokrasi. Sedari Januari hingga Februari, 48 RT dan 10 RW secara bertahap mengadakan pemilihan layaknya pemilihan umum (Pemilu).

Lurah Gandul, Nyai Aliyah mengatakan, sejak Sabtu (22/1) malam pemilihan ketua lingkungan sudah di mulai. Di awali di RT28 RW8. Selama Januari hingga Februari ini semua ketua lingkungan baik RT, RW dan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) akan digelar pemilihan. “Alhamdulillah sudah mulai pemilihannya. Siapapun yang menjabat semoga dapat bersinergi dengan kelurahan,” jelas Nyai kepada Harian Radar Depok, Sabtu (22/1).

Menurutnya, pemilihan cukup lama. Mengingat, ada 48 RT dan 10 RW yang ada di Gandul. Maka tak heran, diberi tenggat waktu sampai Februari. Berdasarkan Perda yang baru, ketua lingkungan yang akan menjabat mendapatkan masa jabatan selama lima tahun. “Saya berharap selama jalannya pemilihan tidak ada gejolak dan bisa berjalan lancar,” terangnya.

Selain pemilihan pengurus lingkungan, sambung Mursalim Kelurahan Gandul akan melakukan pemilihan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Dia menginginkan pemilihan pengurus lingkungan dan LPM dapat berjalan sesuai rencana, dan menjalin koordinasi dengan pihak kelurahan dalam menjalankan Program Pemkot Depok. “Kami menginginkan pemilihan yang demokratis sesuai harapan semua untuk lingkungan masyarakat Gandul,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Cinere, Sugianto mengungkapkan, tahun ini memang sudah mulai pemilihan ketua lingkungan di empat kelurahan Kecamatan Cinere. Nantinya, yang akan menjabat bisa lebih lama. Berdasarkan perda yang sudah direvisi, periode nya selama lima tahun. “Kami berharap semua ketua lingkungan yang sudah terpilih kedepannya bisa bekerjasama dengan pemerintah dalam menjalankan program,” tandas camat. (cr1)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah