MERIAH : Sejumlah pejabat di instansi Pemerintahan Kota Depok, berfoto bersama pelawak Narji Cagur, dalam acara Launching Pogram Pontir Kampung 1000 UMKM. INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PONTIR – Pelaksanaan launching program Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari, sebagai Kampung 1.000 usaha mikro kecil menengah (UMKM), berlangsung semarak.

Ribuan pelaku UMKM, TP PKK Kelurahan Pontir, dan sejumlah pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut, terkesan dengan sajian kuliner dan berbagai pernak perni yang dipajang pelaku UMKM setempat di lokasi acara, di RW 16, Kelurahan setempat.

Apalagi, Acara tersebut juga menghadirkan pelawak kondang Narji Cagur sebagai pemandu acara, sehingga acara menjadi lebih meriah dan penuh gelak tawa seluruh hadirin di sana, karena celetukan dan banyolan yang seringkali dilontarkan Narji.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat mengapresiasi inovasi yang dibuat Lurah Pontir, Suhendar lewat program Kampung 1000 UMKM ini. menurutnya, dengan adanya program ini, perputaran ekonomi di Kelurahan Pontir bisa meningkat, dan tentunya akan berimbas pada peningkatan pendapatan masyarkat di sana.

“Program ini sejalan dengan visi misi Kota Depok yang saat ini ingin memajukan pelaku UMKM di Depok,” kata Dede, Sabtu (16/01).

Dia mengungkapkan, DKUM Kota Depok juga akan memantau dan mendukung program ini agar dapat berjalan dengan baik. Terlebih, lanjut Dede, pihaknya juga mendorong kelurahan lain di Depok untuk mengembangkan semua potensi yang ada di wilayahnya, seperti yang dialakukan Kelurahan Pontir ini.

“Lurah Suhendar ini tahu jika Potensi UMKM di Pontir sangat besar, makanya dia buat program ini. kalau ini berhasil, bukan tidak mungkin Pontir bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata kuliner bagi warga di wilayah Depok ataupun wilayah tetangga seperti Tangerang Selatan dan Bogor,” bebernya.

Sementara, Lurah Pontir, Suhendar mengatakan, Program Pontir Kampung 1.000 UMKM merupakan upaya Aparatur Kelurahan Pontir dalam meningkatkan perekonomian warga yang mayoritas berprofesi sebagai pelaku UMKM.

“Kami ingin mewujudkan visi misi Pemerintah Kota Depok, Maju, Sejahtera, dan Berbudaya. Maka itu lewat program ini diharapkan tiga visi itu bisa terwujud,” tuturnya.

Dia menyebutkan, dalam launching program ini, pihaknya membuat berbagai kegiatan menarik seperti, peresmian website UMKM Kelurahan Pontir, santunan yatim, pendaftaran Shopee Food BJB, parade qasidah hadroh marawis, dan band pemuda Pontir, lomba senam, lomba mewarnai, lomba tumpeng, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah kegiatan ini meriah, masyarakat sangat antusias untuk datang dalam launching program kami ini,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk semakin memeriahkan suasana, pihaknya juga menyediakan berbagai doorprize seperti sepeda, kulkas, televisi, kipas angin, hingga mesin cuci.

“Acara ini akan menghadirkan komedian ibu kota, Narji Cagur sebagai pemandu acara,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah