ASPIRASI : Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti saat Reses Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2022 di Jalan Letnan Hatta Sukirman RT02/02 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ingin Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Depok dapat naik kelas, saat Reses Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2022, Anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti mengundang pelaku UMKM di Sukmajaya.

Reses yang diselenggarakan di Jalan Letnan Hatta Sukirman RT02/02 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya ini dihadiri Camat Sukmajaya, Feri Birowo, perwakilan Bappeda Kota Depok, Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok dan tokoh UMKM Sukmajaya, Rudi Murodi sebagai narasumber.

“Kami mengundang perwakilan UMKM di Sukmajaya, karena harus sesuai regulasi, maksimal 30 peserta yang diundang,” kata Endah kepada Radar Depok.

Endah mengungkapkan, selain sektor infrastruktur, di era pandemi Covid-19 ini perlu digalakkan dengan pemberdayaan masyarakat. Sebab, pandemi membuat ekonomi terpuruk dan perlu dipulihkan dengan pemberdayaan masyarakat di sektor UMKM.

“Ekonomi harus bangkit, ekonomi keluarga biar settle dulu,” ungkap Endah Winarti.

Endah melihat potensi UMKM sangat besar. Bahkan, banyak usulan untuk pelatihan hingga permodalan dari kelompok UMKM.

“Itu akan kami sinergikan dengan Bappeda, karena mereka yang membedah RPJMD Kota Depok,” ujarnya

Terlebih, sambung Endah, hal ini sejalan dengan janji politik Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota, Imam Budi Hartono saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2020, salah satunya adalah menciptakan 5.000 pengusaha/start up baru dan 1.000 pengusaha perempuan.

“Hari ini kami undang agar benefitnya ada. Kita ingin UMKM di Kota Depok naik kelas,” beber Endah.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Depok itu ingin agar usaha mikro dan kecil yang saat ini mendominasi bisa didorong menjadi usaha menengah hingga besar. Bahkan usaha-usaha mikro dan kecil tersebut bisa masuk ke pasar global.

Hal ini, Endah menambahkan, seiring dengan perkembangan konektivitas digital juga semakin membukakan peluang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya pada etalase digital seperti marketplace maupun media sosial.

“Peluang-peluang ini harus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor produk UMKM. Seperti melalui digitalisasi pengelolaan dan pemasaran produk hingga mampu menembus persaingan pasar global,” pungkas Endah Winarti. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah