APEL SIDAK : Petugas Rutan Kelas I Depok, sedang melakukan apel sebelum melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke sel tahanan warga binaan.FOTO:INDRA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Sebagai bentuk profesionalitas dan integritas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok, dalam  menjaga keamanan dan ketertiban, belasan personel Rutan Kelas I Depok, lakukan Sidak ke kamar warga binaan yang ada di sana.

Karutan Kelas I Depok, Andi Gunawan beserta Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KA KPR), Nu’man Fauzi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Blok Hunian warga binaan dan masih ditemukan senjata tajam (sajam).

“Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini masuknya barang-barang terlarang, yang semestinya tidak ada didalam misalnya benda-benda tajam yang bisa disalahgunakan untuk saling menciderai maupun mengintimidasi satu sama lain,” ucap Andi Gunawan, Jumat (28/1).

Gunawan mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut mereka juga menyidak blok hunian guna mencegah terjadinya peredaran narkoba di dalam Rutan.

“Alhamdulilah, kami tidak menemukan narkoba dalam sidak ini. Memang ada beberapa benda-benda tajam dari sendok stainless yang diasah menjadi tajam, kemudian ada potongan kabel yang diruncingin ujungnya dan semua itu sudah kita amankan,” ujar Gunawan.

Dijelaskan Karutan, kegiatan sidak blok hunian di Rutan Kelas I Depok rutin delapan kali dilakukan dalam satu bulan. Setiap kali sidak, pihaknya melibatkan tim 10-11 orang yang dibantu 2 orang dari regu pengamanan guna memperkuat tim.

Saat ini, Rutan Depok dihuni sebanyak 1.100 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dimana 26 orang diantaranya adalah WBP wanita.

“Tetap jaga kondisi keamanan dan ketertiban, ketika mereka (WBP) melaksanakan kewajiban mereka, selalu mengikuti aturan aturan kita. Ketika itu dilaksanakan dan tidak melakukan kesalahan mereka akan mendapat hak-haknya, seperti remisi, hak integrasi. Lakukan deteksi dini dan bekerja tanpa harus diperintah, tanpa harus diawasi, serta tanggungjawab tanpa harus dipinta,” tutupnya.(rd/dra)

Jurnalis : Indra Siregar

Editor : Febrina