Rutan Depok
SINERGI : Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan, ketika berkunjung ke markas Pokja Wartawan Depok. ARNET/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pendidikan memang menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal ini membuat Rutan Kelas I Depok membuat terobosan agar pendidikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terjamin.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan menjelaskan, nantinya program yang digagasnya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok, Pusat, dan pusat kegiatan belajar mengajar akan melaksanakan kejar paket A B dan C.

“Supaya warga binaan kami yang masih usia produktif bisa kami fasilitasi soal pendidikannya,” terang Andi saat berkunjung ke Polres Metro Depok, Jumat (14/1).

Tentu dengan adanya program ini, kata Andi, ada harapan dari para WBP ketika bebas nanti, memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat lainnya dalam melanjutkan pendidikan ke universitas maupun dalam mencari pekerjaan.

Baca Juga  44 Narapidana Rutan Depok dapat Remisi Natal

Andi mengklaim, program ini sudah banyak yang berminat, dengan menanyakan kepada petugas akapan akan dimulainya, sebab memang ini menjadi kebutuhan utama bagi WBP yang masih memiliki usia produktif.

Usia produktif yang dimaksud dalam program pendidikan di Rutan, mulai dari 21 hingga 38 tahun. Sebab diusia segitu masyarakat masih dapat melanjutkan jenjang pendidikan maupun pekerjaan.

“Sedang dipersiapkan semuanya, mulai dari kelasnya, ada fasilitas lain supaya ketika sudah dimulai tidak ada hambatan,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Nantinya, akan ada kuota yang dibatasi karena masih dalam suasana pandemi sehingga untuk menghindari terjadi penyebaran Covid-19. Untuk awal akan di buka dalam satu kelas sebanyak 25 orang, dengan jadwal dari Senin sampai Jumat.

Baca Juga  Pengosongan Lahan Lancar, Pembangunan Kampus UIII Terus Berlanjut

“Tentunya¬† kita sudah ada pengajar dari dinkes atau disdik atau dari pusat belajar mengajar itu. Mungkin kita atur di pagi bisa 2 kelas dan sore 2 kelas,” papar Andi.

Dirinya berharap, program l ini bisa meningkatkan kualitas pribadi WBP dapat sadar akan hukum dan dengan modal adanya sertifikat sampai bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

Guna mencoba inovasi ini, akan dilakukan awal dengan membuka satu kelas terlebih dahulu. Hal ini tergantung dari tenaga pendidik, sehingga dapat diatur secara maksimal serta efektif

Dalam waktu dekat Rutan akan melakukan launching soal pendidikan bagi WBP, saat ini sedang mempersiapkan sarana dan prasarana hingga tenaga pendidik. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Febrina