dua kelurahan zero kasus
ILUSTRASI : Giat Vaksinasi di Kecamatan Pancoranmas.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe meminta agar masyarakat yang belum mengakses vaksin Covid-19 segera melakukan vaksinasi digerai vaksin yang tersedia.

Dia menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) karena biasanya berdampak ringan dan segera sembuh dalam waktu satu dua hari.

“Manfaat vaksinasi itu jauh lebih besar dari efek sampingnya. KIPI itu mayoritas bersifat ringan seperti bengkak kemerahan di bekas suntikan, kemudian ada demam sebagai tanda vaksinnya bekerja,” kata Abdul Harris Bobihoe kepada Radar Depok, Selasa (4/1).

Abdul Harris Bobihoe menegaskan bahwa keberadaan vaksin sangat penting dalam mengendalikan pandemi, tapi perlu disadari vaksin tidak seketika memusnahkan pandemi.

“Kita harus sadari vaksin tidak bisa seketika menghilangkan pandemi, karena ada proses distribusi yang panjang, belum lagi jumlah penduduk kita yang lebih dari 260 juta jiwa,” tegasnya.

Abdul Harris Bobihoe pun mengimbau masyarakat agar perlu mengetahui informasi yang benar terkait vaksin. Informasi yang benar dan terpercaya memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat dan mengurangi keresahan dan keraguan yang timbul dari penyebaran informasi hoaks terkait vaksin.

“Karena sekarang banyak sekali informasi yang tidak benar. Kedua, vaksin apa pun yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah dipastikan efektivitas dan keamanannya” ucapnya,

Kemudian, Abdul Harris Bobihoe menambahkan, bagi yang sudah tervaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan membatasi mobilisasi serta interaksi.

“Karena, vaksin bukan obat Covid-19, vaksin untuk membentuk anti body agar tubuh kita bisa beradaptasi dengan Covid-19, dan ketika terpapar pun dampaknya akan lebih ringan ketimbang mereka yang belum divaksin,” pungkas Abdul Harris Bobihoe. (cky)

 

Editors : Ricky Juliansyah