upin ipin
Animasi Upin dan Ipin.

RADARDEPOK.COM – Les’ Copaque (LCP) membeberkan alasan membuat karakter Upin dan Ipin berstatus yatim piatu di serial hit mereka. Les’ Copaque merupakan rumah produksi serial animasi asal Malaysia tersebut.

Salah satu alasan Upin dan Ipin dibuat yatim piatu adalah musim pertama serial tersebut sejatinya proyek sampingan Les’ Copaque. Bahkan, rumah produksi juga tidak memiliki tenaga kerja yang cukup untuk membuat karakter baru dalam serial Upin & Ipin.

“Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, mulanya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” cuit Les’ Copaque, Senin (17/01).

Oleh sebab itu, Upin dan Ipin selama ini ditampilkan hidup bersama sang nenek, Opah, serta kakak perempuan mereka, Kak Ros. Mereka berempat tinggal di Kampung Durian Runtuh, Malaysia.

Baca Juga : Waduh, Setahun 3.910 Pasangan di Depok Bercerai

Dalam postingan di Twitter, Les’ Copaque juga menjelaskan penyebab karakter Upin dan Ipin botak. Bujet dan waktu pengerjaan menjadi alasan dua anak kembar tersebut botak hampir di seluruh musim dan episode.

“Ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut,” cuit Les’ Copaque.

Namun, LCP pernah menampilkan Upin dan Ipin dengan rambut lebat. Hal itu terlihat jelang penayangan musim ke-14 beberapa waktu lalu.

Selain itu, LCP juga blak-blakan mengenai ide kreatif dan asal usul Upin Ipin. Hal tersebut dilakukan sebab netizen dihebohkan dengan video viral kuburan Upin Ipin di media sosial.
Video itu memperlihatkan makam berwarna biru di Indonesia, bertuliskan Ipin yang meninggal pada 1996 dan Upin pada 1995. Mereka disebut meninggal karena kecelakaan ketika hendak berlibur.

Namun, hal tersebut dibantah Les’ Copaque dengan mengatakan ide cerita dan karakter sepenuhnya dibuat oleh mereka, serta beberapa orang yang menjadi karakter penting dalam serial tersebut.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production,” cuit Les’ Copaque.

“[Itu] tidak diambil atau diinspirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” lanjutnya.

Upin & Ipin merupakan serial animasi televisi asal Malaysia yang pertama kali tayang pada 2007 silam. Serial ini juga tayang di Indonesia pada salah satu kanal televisi swasta.

Dalam serial, Upin dan Ipin bersekolah di TK Kasih Sayang (Tadika Mesra) bersama teman-temanya, seperti Jarjit, Fizi, Mei Mei, serta Susanti yang berasal dari Jakarta. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya