MENINJAU : Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yeti Wulandari saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di Sekolah Semut-Semut The Natural School di Jalan Industri Kapal, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Selasa (18/01). RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yeti Wulandari meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di Sekolah Semut-Semut The Natural School di Jalan Industri Kapal, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Selasa (18/01).

Agenda tersebut dalam rangka melihat kesiapan sekolah jelang penetapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di Kota Depok yang dijadwalkan awal Februari mendatang.

“Alhamdulillah di SD Semut-Semut sudah dilaksanakan vaksinasi anak untuk dosis dua, usia 6-11 tahun dan dalam rangka persiapan PTM 100 persen yang Insha Allah akan dilaksanakan di Februari nanti,” tutur Yeti kepada Radar Depok, Selasa (18/01).

Politikus Perempuan Partai Gerindra ini mengungkapkan, melihat dari data sekolah-sekolah yang melaksanakan vaksinasi dan kesiapan sekolah, ia meyakini PTM 100 persen dapat dilaksanakan Februari.

“Insha Allah, jika sesuai target Kota Depok sudah bisa melaksanakan PTM 100 persen,” ungkap Yeti Wulandari.

Terkait vaksin anak, Yeti melanjutkan, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 24 Desember 2021 kemarin, rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, vaksin Covid-19 bisa diberikan untuk anak usia 6-11 tahun.

“Ini juga dalam rangka menunjang kesuksesan pelaksanaan herd immunity, semoga nantinya anak-anak di usia 6-11 tahun daya tahan tubuhnya semakin siap untuk bisa melaksanakan PTM, di mana hampir 2 tahun anak-anak kita harus belajar secara online. Jika berbicara kehidupan sosialnya, hal ini jauh dari harapan. Sebab mereka selama ini hanya berkutat di dalam rumah,” lanjut Yeti.

Dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Depok 3 (Cimanggis) ini menekankan bahwa PTM 100 persen baru dapat dilaksanakan jika vaksinasi untuk anak 6-11 tahun. Dan, saat ini, pihaknya sudah berada di sekolah yang sudah melaksanakan vaksinasi.

“Alhamdulillah, di Sekolah Semut-Semut dan sekolah lainnya di Depok sudah melaksanakan vaksinasi. Saya melihat sudah hampir semua sekolah di Depok telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama, dan Insha Allah tahap kedua akan segera dilaksanakan,” bebernya.

Selain itu, dia juga melihat di beberapa sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk PTM 100 persen, mulai dari simulasi PTM dan rata-rata sekolah sudah menyiapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Mulai dari pengaturan waktu anak bersekolah, penyusunan kursi dan meja saat PTM, hal ini sudah dilaksanakan hampir sekitar tiga bulan, yang nantinya menjadi salah satu indikator bahwa PTM 100 persen sudah siap dilaksanakan,” ucap Yeti.

Sementara Kepala Sekolah Semut-Semut The Natural School, Saiyadi mengucap syukur bahwa pelaksanaan vaksinasi di sekolahnya berjalan lancar, baik dosis pertama dan dosis dua.

“Kami mulai dari 23 Desember 2021 kemarin,” kata Saiyadi.

Vaksinasi anak ini, sambung Saiyadi, merupakan ikhtiar untuk melaksanakan PTM yang sudah dicanangkan di Februari.

“Kami sudah siap untuk melaksanakan PTM. Namun, kami melihat situasi dan kondisinya, mudah-mudahan tidak ada aral melintang lainnya,” ucap Saiyadi.

Saat Radar Depok ke lokasi, siswa yang mengikuti vaksinasi didampingi orangtua, terpantau sangat antusias. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah