diskon tiket keteta
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) memberikan diskon untuk pembelian tiket kereta api (KA) jarak jauh. Diskonnya mulai dari 20 persen hingga 50 persen.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, untuk kalangan lansia dan wartawan bisa mendapatkan diskon 20 persen untuk kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

“KAI memberikan reduksi tarif tersebut sebagai apresiasi bagi pelanggan dalam menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan,” ucap Joni.

Selain itu, KAI juga memberikan diskon kepada pelanggan lain, seperti TNI/Polri dan Legiun Veteran RI (LVRI) untuk pembelian tiket KA jarak jauh. Namun besarannya berbeda dengan lansia dan wartawan.

Rinciannya, KAI memberikan diskon kepada LVRI sebesar 50 persen untuk keberangkatan KA jarah jauh pada Selasa sampai Kamis. Sementara, diskon yang diberikan untuk keberangkatan Jumat sampai Senin hanya 30 persen.

Baca juga : Ada Kabar Baik Tentang PPPK 2021 dari Kemenag

Sedangkan untuk TNI dan Polri, diskon 25 persen untuk kelas eksekutif. Lalu, diskon sebesar 50 persen untuk kelas bisnis dan ekonomi.

Berikut cara untuk mendapatkan diskon tersebut?

1. Pelanggan harus melakukan pendaftaran reduksi maksimal tiga jam sebelum berangkat.

2. Pendaftaran dilakukan di customer service atau loket stasiun.

3. Pendaftaran dilakukan oleh penumpang dengan membawa bukti identitas asli yang masih berlaku. Untuk lansia dapat menunjukkan KTP, LVRI harus membawa kartu anggota, TNI dan Polri harus membawa kartu tanda anggota (KTA), serta wartawan harus menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

4. Penumpang atas hak reduksi LVRI, TNI dan Polri, serta wartawan pada saat registrasi reduksi juga harus menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

5. Pendaftaran dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa bukti identitas asli dan foto diri milik penumpang reduksi yang akan didaftarkan.

6. Registrasi hanya dilakukan sekali sampai masa berlaku reduksi habis. Jika masa berlaku berakhir, penumpang wajib melakukan registrasi ulang.

7. Penumpang dapat melakukan pembelian tiket di loket atau KAI Access setelah data reduksi sudah terdaftar di KAI. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya