PEMBANGUNAN : Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Anggota DPRD Jabar, Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat Groundbreaking pembangunan Underpass Dewi Sartika, di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Senin (14/02). Istimewa

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bagi pengguna jalan di Raya Margonda, khususnya umat muslim, kedepannya tidak akan kesulitan menunaikan Salat Ashar atau Maghrib saat perjalanan pulang dari kantor. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membangun Masjid Raya di jalan utama Kota Sejuta Maulid.

Bahkan, secara khusus, Pemkot Depok meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk mendesain masjid yang nantinya menggunakan lokasi di SDN Pondok Cina, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji tersebut.

“Banyaknya aspirasi masyarakat tentang adanya Masjid Raya di Jalan Margonda, kami dari Pemkot Depok merespon kondisi tersebut dengan rencana ingin membangun Masjid Raya di lokasi SDN Pondok Cina,” tutur Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono kepada Radar Depok, Senin (14/02).

Imam Budi Hartono yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok ini mengungkapkan, rencana lokasi pembangunannya ada di SDN Pondok Cina.

“Insha Allah, SD nya akan kami pindah ke belakang,” katanya.

Hal tersebut, sambung Mantan Ketua Komisi IV DPRD Jabar ini, akan berdampak positif bagi siswa yang ada di SDN Pondok Cina tersebut. Pasalnya, mereka akan lebih nyaman dan aman ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Juga saat berangkat dan pulang sekolah, akan lebih aman bagi siswa dan orang tua,” papar Imam Budi Hartono.

Imam Budi Hartono mengungkapkan, pembangunan Masjid Raya tersebut, saat ini masih dalam perencanaan dan diharapkan bisa digunakan umat muslim pada 2024 mendatang.

“Insha Allah tahun ini kami buat DED (Detail Engenering Desain)-nya dan di 2023 kami sudah bisa bangun untuk bisa dipakai di 2024,” ungkapnya.

Adanya Masjid Raya di Jalan Margonda tersebut, Imam Budi Hartono menjelaskan, akan sangat membantu kepada warga yang saat pulang kantor, baik waktu Ashar maupun Maghrib kesulitan mencari tempat untuk salat saat melintas di Jalan Margonda.

“Insha Allah ini menjadi sebuah kebahagaian pula bagi Pemkot Depok, jika masjid ini didesain oleh artistek ternama di Indonesia, yakni Gubernur Jawa Barat, Kang Emil. Karena memang sudah terkenal dengan desain-desainnya yang fenomenal, mudah-mudahan ada kesan yang baik dan bagus, apalagi untuk desain masjid di Kota Depok,” jelasnya.

Dia berharap agar kang Emil mau mendesain untuk Masjid Raya Margonda, karena lokasinya yang strategis dan bagus, serta bermanfaat bagi pengguna jalan di Margonda Raya.

“Saya pribadi mengucapkan hatur nuhun yang telah datang hari ini dan merespon hal-hal yang diharapkan masyarakat Kota Depok melalui Pemkot Depok,” ucap Imam Budi Hartono. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah