MELEBUR : Anggota DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmad (Bang Has) saat diskusi dengan Komunitas KOPI dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Istimewa

Meski memiliki segudang agenda, Anggota DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmad dikenal kerap turun menyapa masyarakat. Teranyar, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengikuti acara diskusi dengan Komunitas KOPI dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tidak mengenakan baju safari dan pin emas berlambang DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmat terlihat santai memakai kaos berwarna hijau yang dipadu dengan celana panjang coklat, untuk meneduhkan kepala dari sengat matahari, pria yang akrab disapa Bang Has ini memilih topi berwarna putih.

Kali ini, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini menghadiri acara diskusi dengan Komunitas KOPI dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Menurut Bang Has, badai pandemi yang hampir dua tahun menerpa Indonesia meluluhlantakan seluruh sektor, tidak terkecuali pariwisata dan ekonomi. Namun, pada 2022 ini, dia mengaku optimis sektor ekonomi dan pariwisata dapat bangkit.

MELEBUR : Anggota DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmad (Bang Has) saat di Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Istimewa

“Berbagai upaya pemerintah yang didukung oleh masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19 dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional telah mulai menunjukkan hasil yang membaik. Sebagai salah satu sektor yang terdampak pandemi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif juga mendapat dukungan dari pemerintah untuk bisa pulih,” tutur Bang Has.

Di Depok sendiri, sambung Bang Has, memiliki potensi luar biasa situ atau danau yang ada. Bahkan, beberapa sudah dilengkapi dengan fasilitas wanaha air, seperti di Situ Cilodong, Pengasinan, Bojongsari, Pedongkelan dan Jatijajar.

Dari Jabar sendiri, kata dia, ada intervensi anggaran untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. Hal ini, lanjut Bang Has, menjadi potensi yang perlu ditangkap bagi warga sekitar dengan terlibat di dalamnya.

MELEBUR : Anggota DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmad (Bang Has) saat di Situ Pedongkelan Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Istimewa

“Bisa warga membuka bisnis kuliner atau oleh-oleh khas Depok bagi wisatawan yang datang, UMKM kan banyak peluangnya. Seperti di Situ Pedongkelan, ini juga sangat potensial, karena lokasinya yang berdekatan dengan DKI Jakarta, akan banyak warga Jakarta yang memanfaatkan momen libur dan refreshing di Situ Pedongkelan jika dikelola dengan baik dan maksimal,” ujar Bang Has.

Pada kesempatan tersebut, politikus yang digadang-gadangkan bakal bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2024 ini mengingatkan perlunya memperkuat peran komunitas dalam sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kata Bang Has, sosialisasi diperlukan agar masyarakat dapat menerima informasi yang benar. Selain itu juga agar masyarakat tidak mudah percaya pada hoaks atau disinformasi mengenai Covid-19.”Masyarakat memerlukan informasi dan edukasi kesehatan yang memadai, transparan, rasional, dan juga berkelanjutan sehingga diharapkan masyarakat tidak mudah percaya pada disinformasi. Nah. Sosialisasi ini memerlukan dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, dan juga akademisi, termasuk komunitas,” ucap Bang Has. (*)

Editor : Ricky Juliansyah