aspal sirkuit mandalika
Pemeriksaan apal di Sirkuit Mandalika.

RADARDEPOK.COM – Terkelupasnya aspal di Sirkuit Mandalika saat tes MotoGP Mandalika 2022, 11-13 Februari 2022, menurut CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta hal itu dikarenakan ada kesalahan dalam desain aspal.

Sirkuit Mandalika mengalami sejumlah persoalan saat tes pramusim, mulai dari lintasan kotor hingga aspal yang terdegradasi, sehingga terkelupas dan mengenai pada pembalap MotoGP.

Namun, Ezepeleta mengatakan, semua pihak sedang bekerja keras menyelesaikan masalah tersebut guna memastikan MotoGP Mandalika yang digelar pada 18-20 Maret 2022 digelar tanpa masalah.

“Itu menunjukkan kekuatan sepeda motor MotoGP juga mampu menghancurkan aspal jika tidak dikerjakan dengan benar. Tentunya ada kesalahan dalam desain aspal di beberapa bagian sirkuit,” ujar Ezpeleta.

Baca juga : Penutupan Lazfest 2022 : Bahas Sekolah Masa Depan, Umumkan Juara-juara

Usai tes MotoGP Mandalika, Dorna meminta MGPA dan ITDC selaku pihak terkait dengan Sirkuit Mandalika melakukan sejumlah perbaikan, terutama pengaspalan ulang.

“Tapi kami sedang berusaha mengatasi situasi ini, karena beberapa bagian itu akan diaspal ulang sebelum balapan 20 Maret. Kami akan melakukan semua tenaga untuk memastikan balapan MotoGP Mandalika,” ucap Ezpeleta.

Berkaitan dengan terkelupasnya aspal Sirkuit Mandalika, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, perusahaan konstruksi dan investasi pembangun MotoGP Mandalika, menyebut masalah itu muncul karena pekerjaan yang kurang maksimal.

“Dengan trek sepanjang itu, pekerjaan kami sudah teliti. Tapi barangkali ada tempat-tempat tertentu yang sentuhannya ada yang terlewat. Mungkin ada bagian di tikungan 1 dan 17 yang terkelupas yang akhirnya batunya melepas dari aspal,” kata Novel pekan lalu.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, PT PP sudah melakukan tahap pengelupasan permukaan aspal pada beberapa bagian Sirkuit Mandalika pada Kamis (24/2). (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya