TOLERANSI : Jajaran Relawan Ganjar Pranowo (RGP) dan pengurus Vihara Gayatri di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos ketika melakukan foto bersama usai perayaan Tahun Baru Cina (Imlek), Selasa (1/2). GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai semangat toleransi, Relawan Ganjar Pranowo (RGP) mengikuti perayaan Tahun Baru Cina (Imlek) di Vihara Gayatri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Selasa (1/2).

“Bahwa yang namanya sebuah keyakinan umat beragama, apapun keyakinan serta agamanya kita tetap bersatu di bumi Indonesia yang kita cintai ini,” kata Ketua Umum RGP, Veronica C. Pujiastuti kepada Radar Depok.

Veronica menjelaskan, hal itu dilakukannya sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam dalam Pancasila yakni bhineka tunggal ika.

“Pada prinsipnya, kita selalu bersatu menjunjung tinggi toleransi umat beragama tentunya terhadap kebhinekaan ini,” ujarnya.

Pada tahun ini, Veronica mengapresiasi, semangaat keagamaan dan kebudayaan masyarakat yang merayakan Imlek meski masih dalam pandemi Covid-19.

“Karena, perayaannya dikondisi kita sedang masa pandemi Covid 19, namun semangat kepercayaan umat beragama selalu terjaga,” terangnya.

Lebih dalam, dia berharap, perayaan Imlek di tahun mendatang masyarakat tionghoa dapat bersatu padu dan lebih kompak lagi. Sehingga, terhindar dari bencana, marabahaya serta provokasi.

“Dan juga hasut menghasut tidak ada lagi, saat ini kita tinggal menjalani, bersilahturahmi, bergabung dan bersatupadu untuk Indonesia yang lebih baik lagi,” tegas Veronica.

Terkait pandemi, Veronica meminta agar masyarakat tetap mengetatkan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Sehingga, kita semua dalam keadaan sehat selalu dan terhindar dari Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu anggota RGP, Vince Roosmery mendukung hal yang dilakukan pimpinannya tersebut. Baginya, dengan menjaga toleransi dapat menciptakan damai dan kondusif.

“Iya saya sangat mendukung karena, sangat positif dan membuat semangat persaudaraan kita semakin kuat ya,” tuturnya.

Semakin jauh, dia meyakini, pihaknya dapat menularkan sikap toleransi terhadap saudara sebangsa dan se-tanah air baik dalam keagamaan maupun kebudayan.

“Kami yakin, semangat toleransi ini akan bertumbuh dalam jiwa kami sebagai anak negeri,” tutup Vince. (ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah