SOSIALISASI : Lurah Depok, Herman ketika melakukan sosialisasi Perwal No. 13 Tahun 2021 kepada seluruh RT, RW dan LPM se-Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lurah Depok, Kecamatan Pancoranmas, Herman melakukan sosialisai Peraturan Walikota Depok (Perwal) No. 13 Tahun 2021 mengenai pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di kediamannya yang beralamat di RT 03/04 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

“Yah, saya melakukan ini karena, penting agar tidak terjadi miss komunikasi saat pesta demokrasi ditingkat RT/RW,” ungkap Herman kepada Radar Depok, Senin (7/2).

Herman menjelaskan, masa jabatan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kota Depok peraturan dan tata cara pemilihannya berubah di tahun lalu.

“Sebab, panitia khusus DPRD Kota Depok, telah melakukan pencabutan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok No 10 Tahun 2002 tentang Pendoman Pembentukan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” jelasnya.

Dia menuturkan, pengganti Perda tersebut adalah Perwal No. 13 tahun 2021 telah diberlakukan. Pemilihan ketua RT, RW dan LPM sejak ditandatangani per 19 Maret 2021.

“Jadi Perwal ini salah satunya masa jabatan RT, RW, dan LPM, di Perwal masanya sampai 5 tahun,” terang Herman.

Lebih dalam, jelas Herman, masa jabatan usai Peraturan Daerah (Perda) itu dicabut menjadi lima tahun yang sebelumnya tiga tahun. Selain itu, jabatan ketua lingkungan itu akan dibatasi selama dua periode saja.

“Jabatan RT, RW, dan LPM akan lima tahun dan hanya dua periode. Jadi kalau dua periode hanya 10 tahun,” tandasnya. (ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah