donor thalamesia
DONOR DARAH : Lurah Mampang, Darmawansyah ketika meninjau pelaksanaan donor darah yang dilakukan Katar dan Pokja setempat untuk penderita thalasemia. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – Karang Taruna (Katar) Kelurahan Mampang dan Pokja Sehat mengadakan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok dan Puskesmas setempat di Kafe Sapulidi, RW 4, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas.

“Yang mengadakan adalah Katar dan Pokja sehat yang diperuntukan bagi para penderita Thalasemia,” kata Lurah Mampang, Darmawansyah kepada Radar Depok, Selasa (1/2).

Sebagai fasilitator, sebut Darmawan, Kelurahan Mampang mendukung penuh kegiatan yang dilakukan muda-mudi yang tergabung dalam Katar tersebut. 

“Mengingat, penderita thalasemia itu sangat membutuhkan banyak darah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, setelah terkumpul puluhan kantong darah tersebut diserahkan ke PMI Kota Depok yang selanjutnya akan diberikan kepada thalasemia.

“Sudah kami serahkan seluruhnya ke PMI Depok logistik darah yang telah terkumpul,” ucap Darmawan.

Lebih dalam, Darmawan memaparkan, dari target 75 orang pendonor ada 38 pendonor yang terdaftar. Sehingga, hanya 27 kantong darah yang terkumpul.

“11 diantaranya tidak lolos karena, tensinya tinggi dan ada yang HB-nya rendah,” terangnya.

Kendati demikian, beber dia, ada salah satu warga dari luar daerah Mampang yang menyempatkan diri untuk mendonorkan darahnya.

“Dia itu pendonor aktif, dia lihat mobil PMI jadi dia mampir untuk mendaftarkan diri dan berhasil mendonorkan darahnya,” sebut Darmawan.

Karena kurang dari target, kata Darmawan, pihaknya akan menggelar aksi tersebut. Sehingga, warga Kelurahan Mampang dapat memenuhi kebutuhan darah penderita thalasemia.

“Rencananya akan kami gelar per satu semester atau caturwulan, saya mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Ini terbuka untuk umum,” pungkasnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya