KUNJUNGAN KERJA : Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Forkopimda Kabupaten Sukabumi meninjau kawasan Pantai Karang Hawu. (FOTO : Gari Radar Sukabumi)

RADARDEPOK.COM, SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebutkan, hingga hari ini kasus penyebaran virus Covid-19 varian baru omicron penyebarannya mencapai 80 persen. Dari data yang diterima, terbanyak kasus diawali dari wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dan Bandung. Sisanya 20 persen di 21 kota/kabupaten.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil seusai meresmikan dua destinasi wisata yang baru selesai direnovasi, yaitu Pantai Kawanghawu Kecamatan Cisolok dan Curug Sodong Kecamatan Ciemas, Kamis (10/2).

“Kasus omicron 80 persen itu ngumpulnya di Bodetabek (Bogor, Depok, Bekasi red) dan Bandung. Jadi dari 27 kota, kabupaten, ada 6 mengambil porsi 80 persen, sisanya 20 persen tersebar di satuan kota kabupaten. Jumlahnya tidak terlalu banyak, rata-rata masih dibawah 200 sampai 300 kasus, tetapi kalau di Bandung sudah di atas seribuan,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil.

Untuk itu, Ridwan Kami menitipkan kepada semua masyarakat, walaupun kasusnya masih rendah, tetapi kewaspadaan jangan lengah. Khususnya nanti di tempat tempat pariwisata.

“Takutnya ada tamu Bodetabek dan dari Bandung datang, kemudian membawa virus (omicron red), tentunya harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan wajib menerapkan protokol kesehatan. Itu harus terus diingatkan,” tegas Emil.

Menurutnya tidak perlu ada penyekatan, tetapi yang penting pada saat orang-orang itu sampai di tempat wisata ada sebuah prosedur untuk memastikan orang yang datang ke tempat-tempat wisata sudah vaksin 2 kali. “Pastikan menggunakan PeduliLindungi ya dan tidak membawa virus omicron,” paparnya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya