RIANG : Anak anak warga Kelurahan Beji Timur yang sedang bermain pada sore hari di Taman Bermain Kantor Kelurahan Beji Timur. NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BEJI TIMUR – Sore hari dimanfaatkan anak-anak untuk bermain bersama teman sebayanya melepas suntuk setelah seharian melakukan aktivitas di dalam rumah. Untungnya Kantor Kelurahan Beji Timur (Betim), Kecamatan Beji terdapat beberapa wahana permainan guna mewadahi kegiatan senja mereka.

“Taman bermain ini sudah ada sejak dulu jadi, kita tinggal menjaganya saja,” Ujar Lurah Beji Timur Sobaruddin, kepada Radar Depok , Senin (7/2).

Ada lima wahana bermain yang membantu anak-anak untuk melatih motoriknya, yaitu jungkat jungkit, panjat tebing mini, jembatan gantung, ayunan dan juga prosotan.

“Wahana di sini sengaja dibuat untuk anak-anak supaya dapat mengeksplor kreativitasnya,” ungkap Sobaruddin.

Mengedukasi anak-anak lewat mainan yang baik, sangat dianjurkan pemerintah apalagi mengingat anak-anak adalah harapan dari sebuah bangsa yang sukses. Untuk itu, diperlukan fasilitas yang mewadahi bakat anak, agar dapat tersalurkan dan jiwa sosial pun akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan anak yang normal.

“Anak-anak dimasa pertumbuhannya sulit dikendalikan karena daya geraknya akan sesuatu yang baru sangat aktif dengan adanya taman bermain ini semoga bakat mereka dapat tersalurkan,” ujar Sobaruddin.

Menurut Sobaruddin, anak-anak yang tidak dapat menyalurkan bakatnya cenderung akan menutup diri dari dari teman sebayanya sehingga kesehatan mentalnya aka terganggu dan menjadikan anak tersebut rawan dengan kenakalan remaja di kemudian harinya.

“Kita harus berpartisipasi dalam tumbuh kembang anak karena anak-anak adalah penerus kita, anak-anak yang baik akan menjadikan peradaban yang maju jika buruk akan sebaliknya,” tutur Sobaruddin.

Meski sudah ada sejak dahulu taman bermain di Kantor Kelurahan Beji Timur terlihat rapi dan terawat. Tidak ada wahana yang terbengkalai sama sekali dan tidak terlihat juga besi-besi yang berkarat di sekitar wahana.

“Wahana ini terus kita bersihkan setiap minggu, jika ada yang berkarat langsung kita cat ulang, demi kenyamanan anak-anak yang bermain,” tutup Sobaruddin. (cr1)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Ricky Juliansyah