negara wibu terbanyak
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Weaboo atau biasa dikenal dengan Wibu adalah sebuah julukan kepada seseorang yang bukan penduduk Jepang tetapi terobsesi dengan budaya Jepang.

Ada banyak sekali jenis wibu, namun yang sering didengar adalah wibu anime. Jika kamu termasuk penggemar anime dan sering disebut sebagai wibu oleh teman-temanmu tak perlu malu. Sejatinya di dunia ada jutaan orang di seluruh negara yang juga sepertimu.

Lantas, negara mana saja yang memiliki jumlah wibu terbanyak? Berikut ini 10 negara dengan jumlah wibu terbanyak dari peringkat pertama, antara lain:

1. Filipina

Siapa yang tidak mengenal negara satu ini? Negara yang terletak di utara Indonesia ini termasuk negara dengan jumlah wibu terbanyak, lho. Lebih tepatnya, di Kota Manila dan Quezon City yang merupakan kota dengan jumlah penggemar anime terbanyak di dunia setelah Jepang itu sendiri.

2. El Salvador

El Salvador termasuk negara kecil yang ternyata memiliki jumlah wibu banyak. Bisa dikatakan, hampir semua masyarakat negara ini penggemar wibu.

Pasalnya, streaming traffic video anime di negara ini terbilang tinggi dibandingkan negara lain di seluruh dunia. Dan tak jarang, saat berkunjung di negara ini akan disuguhi pemandangan masyarakat yang nonton anime di tempat umum.

3. Indonesia

Indonesia termasuk negara yang berada di peringkat ketiga. Besar kemungkinan kamu juga wibu karena penasaran dengan status peringkat Indonesia dalam dunia perwibuan.

Walaupun bukan, pastinya kamu pernah terpapar dengan hal-hal berbau anime sejak kecil. Lantaran tak heran sejak dulu ada banyak tayangan anime yang disiarkan di televisi Indonesia.

4. Nikaragua

Memiliki nama resmi internasional República de Nicaragua, negara dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah di Amerika Tengah ini ternyata banyak penggemar animenya alias wibu. Dari hasil analitik Google Search, penduduk negara ini kerap kali mencari hal-hal berkaitan dengan anime.

5. Peru

Negara yang memiliki salah satu situs keajaiban dunia ini juga tercatat dalam top 10 most views tiap user di Crunchyroll. Ternyata masyarakat keturunan Bangsa Inca ini banyak yang menggemari anime.

6. Malaysia

Negara tetangga yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini juga menyukai anime. Karena terpengaruh sekali dengan anime, mereka juga membuat animasi orisinal negara mereka sendiri. Jumlah penggemar anime di Malaysia terbilang besar dengan tontonan favorit adalah Naruto dan Pokémon.

7. Bolivia

Negara yang memiliki nama resmi Negara Plurinasional Bolivia (dalam bahasa Spanyol, Estado Plurinacional de Bolivia) ternyata terkena pengaruh anime dari Chile dan Peru. Negara ini termasuk salah satu penghasil koka dan timah terbesar di dunia.

8. Kosta Rika

Negara paling kecil di Amerika Tengah ini cukup dekat dengan Meksiko dan El Salvador. Tak heran negara kecil ini memiliki banyak penggemar anime lantaran terpengaruh negara tetangga yang juga penggemar anime.

9. Honduras

Negara penghasil pisang terbesar di dunia ini sering mengadakan acara bertemakan anime, sesimpel nonton bareng hingga festival cosplay. Letaknya ada di ujung Amerika Tengah, bertetangga dengan Guatemala di sebelah barat, El Salvador di selatan, dan Nikaragua di timur.

10. Chile

Pada urutan kesepuluh terdapat negara Chile, sebuah negara yang sempit memanjang. Negara ini sering mengadakan acara bertema anime, misalnya Anime Expo (AEX) Santiago. Para pemenang AEX biasanya dikirimkan untuk berpartisipasi dalam World Cosplay Summit. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya