BERSIAP : Camat Pancoranmas, Syaiful Hidayat dan Lurah Mampang, Darmawansyah bersiap melepas kaum ibu-ibu yang tergabung dalam Ocan Bananas Kelurahan Mampang. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Dalam mengatasi dan mencegah stunting di wilayahnya, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas meluncurkan gebyar aksi Depok Bebas Stunting Mewujudkan Kota Layak Anak (D’Sunting Menara) beberapa waktu lalu.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – Sejumlah ibu-ibu menaiki kendaraan motornya masing-masing di halaman depan Kantor Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas. Mereka mengenakan pakaian hitam dengan dengan seutas identitas bahwa mereka adalah Ojek Cantik Bawa Nasi Untuk Anak Stunting (Ocan Bananas).

Di antara mereka, ada Camat Pancoranmas, Syaiful Hidayat dan Lurah Mampang, Darmawansyah. Keduanya, tengah bersiap melepas pasukan Ocan Bananas untuk mengantarkan makanan bergizi kepada anak yang terkena stunting.

“Ocan Bananas akan memberikan makanan tambahan bergizi untuk 10 kali ke depan yang akan kita berikan setiap minggu tiap jumat berupa asupan makan bergizi,” kata Lurah Mampang kepada Radar Depok, Minggu (27/03).

Darmawan menjelaskan, Ocan Bananas merupakan bagian dari program D’Sunting Menara yang kini tengah digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui, setiap kelurahan atau kecamatan dengan target zero stunting.

“Gebyar aksi D’Sunting Menara ini merupakan program dari tingkat kota yang wajib dijalankan oleh seluruh kelurahan,” ujarnya.

Lebih dalam, dia memaparkan, gebyar aksi D’Sunting Menara Kelurahan Mampang tersebut bertujuan untuk membantu balita stunting yang terganggu perkembangan pertumbuhannya di karenakan beberapa faktor.

“Seperti kurang gizi, perkembangan dalam kandungan, faktor genetik dari orang tua dan kendala kesehatan pada ibu kandung karna kurang darah saat mengandung atau ada penyakit bawaan,” terang Darmawan.

Selanjutnya, sebut Darmawan, dari 10 RW di wilayahnya terdapat 19 balita yang terkena stunting. Sebab itu, pihaknya akan serius menangani persoalan stunting di Kelurahan Mampang dengan target nol kasus stunting. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah