RELIGIUS : Anggota DPRD Jawa Barat, M. Faizin (tengah) saat menghadiri Ziarah Kubro di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Minggu (27/03). Istimewa
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota DPRD Jawa Barat, M. Faizin meminta agar seluruh stakeholder dapat melestarikan kearifan lokal yang ada di daerah. Hal tersebut diungkapkan politikus PKB ini usai menghadiri Ziarah Kubro di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Minggu (27/03).

Faizin menerangkan, kearifan lokal seperti Ziarah Kubro yang terdapat di Kota Depok tidak hanya menjadi budaya dan rutinitas tiap menjelang Ramadan, tetapi memiliki nilai-nilai agama dan sosial kemasyarakatan.

“Di sana berdoa bersama mendoakan ziarah kubur jelang Ramadan, agar kita ingat akan kematian yang semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Ini ramai sekali yang datang,” kata Faizin kepada Radar Depok.

RAMAI: Suasana Ziarah Kubro di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Minggu (27/03). Istimewa

Sebab, lanjut Faizin, mereka yang ziarah mendoakan sanak saudara yang telah mendahului, juga akan ingat akan kematian. Sehingga, mereka akan terus meningkatkan ibadah sebagai persiapan mereka di akhirat.

“Jika ingat akan kematian, kita akan semakin dekat dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Kita akan makin giat beribadah, melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya,” bebernya.

Selain itu, sambung wakil rakyat dari Dapil Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, kaitan dengan sosial kemasyarakatan, menjadi ajang silaturahmi antar warga untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan.

“Kita datang dari daerah masing-masing, satu tujuan untuk berdoa, dari berbagai latarbelakang pendidikan, profesi, suku dan ras, ini termasuk Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Faizin.

Dia berharap kearifan lokal seperti ini dapat terus dilestarikan. Sehingga, menjadi kekayaan budaya di Kota Depok.

“Jangan sampai kearifan lokal ini hilang termakan jaman,” pungkasnya. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah