seragam baru TNI AD
Kepala Staf TNI AD, Jenderal Dudung Abdurachman saat mengenalkan seragam baru TNI AD.

RADARDEPOK.COM – TNI Angkatan Darat (AD) memiliki seragam baru dengan corak lorengnya berbeda dari seragam lama yang bercorak Malvinas.

Seragam dengan corak loreng baru ini dikenakan Kepala Staf TNI AD, Jenderal Dudung Abdurachman dan sejumlah pejabat utama Mabes AD dalam rapat pimpinan (rapim) TNI AD 2022.

Dudung mengatakan, seragam baru TNI AD ini diciptakan pendahulunya, Jenderal Andika Perkasa saat menjabat KSAD.

“Seragam baru sebetulnya dulu diciptakan oleh Pak Andika Perkasa sewaktu KSAD. Kemudian ada evaluasi dari para asisten, ada penambahan-penambahan warna sedikit,” kata Dudung.

Corak loreng pada seragam lama TNI AD terdiri atas warna cokelat gelap, hijau terang, dan putih. Sementara itu, pada seragam baru TNI AD, warna dasar tetap hijau dan mendominasi. Perpaduan warna hijau, cokelat, dan putih yang menjadi corak loreng pun lebih kecil dan menyebar. Seragam baru ini dibuat lebih terang penampakannya dibanding seragam lama.

Baca juga : Mau Minyak Goreng Murah di Depok, Ayo Serbu Empat Pasar dan 11 Kecamatan

Kemudian, perbedaan terletak pada warga emblem pangkat dan brevet. Simbol pangkat pada emblem seragam lama berwarna hitam dengan dasar hijau lumut.

Sementara itu, warna emblem pangkat serta brevet pada seragam baru TNI AD lebih cerah. Simbol tetap berwarna hitam dan dasar emblem berwarna hijau muda atau lebih terang dari yang lama.

“Brevetnya juga sudah dibuat oleh Pak Andika. Jadi kita manfaatkan saja ya, gaya barulah. Dulu ada loreng NKRI, sekarang ada loreng AD,” ucap Dudung.

“Karena AD belum punya loreng rupanya. Jadi loreng yang ini (menunjuk pakaian lama) loreng TNI loreng Malvinas. Nah, ini loreng AD,” imbuh dia. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya