PARAH : Kondisi jalan yang rusak dan berubang di Jalan Raya Pengasinan, Kelurahanan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Jumat (4/3). FOTO : NURHIDAYATI FAUNA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PENGASINAN – Jalan Raya Pengasinan, Kecamatan Sawangan kondisinya memperhatinkan. Pasalnya banyak lubang setinggi lima centimeter di jalan tersebut. Apalagi Musim Hujan telah tiba, membuat lubang-lubang disepanjang jalan tergenang air yang menjadikan banjir.

“Kondisi jalan sudah kurang lebih tiga tahunan seperti ini,” ucap Supir Ojek Online yang biasa mangkal di sekitar jalan, Rizal, Kepada Radar Depok, Jumat (4/3).

Menurut keterangan Rizal, banyak pengguna jalan yang terpeleset saat melintasi jalan tersebut, dikarenakan kondisi jalan yang penuh lubang dan digenangi oleh banjir, menjadikan jalan tersebut menjadi licin.

“Saya juga kalau mau muter balik disini kadang suka nabrak,” ucap Rizal.

Sementara disisi lain, pejalan kaki, Ulfah mengungkapkan, karena kondisi jalan yang rusak dan dipenuhi lubang menjadikan macet di sepanjang jalan.

“Jadi macet, karena kalau lewat sini harus pelan-pelan, takut jatuh,” ucapnya.

Tentu kenyamanan pejalan kaki pun terganggu dikarenakan kendaraan roda tiga dan empat yang mengantre untuk melewati jalan tersebut.

“Jadi terhalang kadang kalau mau jalan lewat sini,” ujarnya.

Dilain pihak, Camat Sawangan, Anwar Salihin, memberikan tanggapan tentang Jalan Raya Pengasinan yang hingga saat ini belum ada perbaikan.

“Kemarin saya sudah konfirmasi ke pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang kondisi jalan, dan sedang dikaji oleh mereka,” ungkap Anwar.

Lebih lanjut, Anwar memaparkan, pihak PUPR telah menurunkan Satgas Banjir untuk menanggulangi kondisi jalan.

“Karena memang sering banjir disana, dikarenakan drainase dari arah Sawangan ke kelurahan yang kanan sudah ada sedangkan yang kiri belum ada,” tutur Anwar.

Hal ini sudah diusulkan oleh pihak kelurahan setempat.

“Hanya tahun kemarin, belum terlaksana pengerjaannya, dikarenakan kasus Covid-19,” tutur Anwar.

Anwar menambahkan di awal tahun dengan kondisi musim hujan yang mengguyur daerah Pengasinan menyebabkan opini bahwa jalan tersebut lambat pengerjaannya.

“Tapi sudah kami komunikasikan terus kepada pihak PUPR agar awal tahun ini cepat terlaksana perbaikannya,” tutupnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Pebri Mulya