ILustrasi Pemilu
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Survei terbaru Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) memaparkan bahwa arah dukungan anak muda pada Piplres 2024 menginginkan presiden yang cerdas dan merakyat.

Di mana ada empat nama calon presiden yang mendapat nilai tinggi hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI di tahun 2021 dan 2022., antara lain nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

“Anak muda masih memiliki minat untuk calon presiden, mereka ingin yang cerdas itu yang pertama dan dan kedua merakyat. Nah ini ada pergesaran atau kriteria anak muda, khususnya rakyat Indonesia. Seluruh rakyat ingin merakyat, nah di tahun 2022 hasil survey ini yang utama adalah cerdas, ” tutur Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio saat ditemui di kawasan Grand Depok City.

Baca Juga  Hanura, Perindo, PSI Ditinggal Jokowi

Hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI dua kali ini di 2021 dan 2022 ada pergeseran hasil. Tentu sambung dia, harus menjadi perhatian bagi para calon presiden di 2024. Terutama kata dia, jangan terjebak dalam pencitraan yang seolah-olah merakyat.

“Ada pergeseran, ini harus jadi perhatian para capres kita. Jangan sampai terjebak pencitraan-pencitraan, yang seolah-olah yang merakyat. Nah cerdas ini tidak bisa dicitrakan, ya cerdas ya cerdas pintar ya pintar, ” tutur pria yang juga Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina.

Hasil survei ini sambung dia, nama Prabowo Subianto masih tinggi namun tidak terlalu jauh hasil survei dari Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Menurut dia, ketiga nama yang tinggi dari hasil survei ini masih ada margon eror. Jadi terang dia, tidak unggul serta merta.

Baca Juga  Faizin: Food Bank PKB Konsisten di Depok

“Ada pergeseran, pak Prabowo tidak terlalu jauh surveinya kan pertama Prabowo, Anies, dan Ganjar Pranowo. Masih di lingkaran margin eror. Tidak unggul serta merta,” bebernya.

Ia menilai nama Prabowo Subianto masih unggul dari hasil survei ini karena memiliki tabungan elektabilitas dari pemilu sebelumnya. “Jadi wajar, kelompok masyarakat masih (memilih) Prabowo,” ucap dia.

Dari hasil survei tambah Hendri Satrio, ada nama calon presiden yang baru muncul ini seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno hasilnya mendekati Prabowo Subianto.

Dengan hasil survei elektabilitas 20 persen yang didapat kata dia lagi, Prabowo Subianto harus khawatir. Sebab, hasil survei elektabilitas ini hanya 20 persen ini masih rawan disusul oleh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga  Prabowo : Kalau Saya Kampanye Harus Izin Presiden

“Karena elektabilitas berkali- kali cuma 20 persen ya itu rawan bisa disusul Anies dan Ganjar. Menurut saya, bisa turun,” pungkasnya. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah