rumah RJ Kejari
Walikota Depok, Mohammad Idris (tengah) menghadiri Launching Kampung Restorative oleh Jaksa Agung RI secara virtual di Aula Kejaksaan Negeri Depok. 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kejari Depok dalam waktu dekat akan membentuk Rumah Retorative Justice (RJ) di Depok.

Walikota Depok, Mohammad Idris beranggapan, dengan adanya Rumah RJ diharapkan bisa menjadi tempat masyarakat untuk mendapatkan keadilan, seperti penyelesaian perkara secara kekeluargaan memberikan keadilan, baik bagi pelaku maupun korban.

“Nantinya Rumah RJ bisa disinergikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, misalnya kolaborasi dalam kegiatan kelurahan sadar hukum. Rumah RJ akan menjadi solusi saat ada warga yang mengalami permasalan pidana,” katanya, Kamis (17/03).

Lebih lanjut, ujar dia, dengan kehadiran Rumah RJ ini diharapkan perkara bisa diselesaikan secara mufakat bersama tokoh masyarakat dan pihak terkait. Dengan demikian, harapannya kasus yang dihadapi masyarakat bisa terselesaikan dengan cara kekeluargaan.

“Dalam hal ini dimana ada keadilan juga dibarengi dengan nurani. Namun memang jangan sampai ada anggapan tentang ada kelonggaran hukum, sebab jaksa sudah memiliki kriteria tertentu. Hal ini akan kita kolaborasikan juga ke depan dengan kelurahan,” tutupnya. (rd/dra) 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya